10 Manfaat Kacang Hijau, Bisa Untuk Menurunkan Badan!

0
113

Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan (Fabaceae), mengandung gizi / nutrisi yang begitu bermanfaat. Dulunya orang-orang China menggunakan kacang hijau untuk obat-obatan, seperti menurunkan panas dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Hingga sekarang juga, kacang hijau masih sering dimanfaatkan untuk sajian kuliner. Kacang hijau dibuat untuk bermacam-macam makanan olahan, seperti kue, es kacang hijau, onde-onde, bubur kacang hijau, sereal untuk anak, puding dll.

Kacang hijau mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin) dan B2 (riboflavin), niacin, dan asam amino.

Manfaat kacang hijau

1. Menurunkan berat badan
Kacang hijau disarankan dikonsumsi bagi orang yang ingin diet. Hal itu karena kandungan serat tinggi dan rendah lemak di dalam kacang hijau, sehingga kacang hijau dapat diandalkan untuk menurunkan berat badan. Selain itu tetap jangan lupa melakukan aktivitas olahraga secara teratur.

Dengan kandungan serat yang sangat tinggi, kacang hijau benar-benar membantu untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, yang berarti membuat Anda cenderung untuk konsumsi lebih sedikit kalori.

Serat dari kacang hijau juga membantu mengatur kadar gula darah, mempromosikan kesehatan pencernaan, membuang racun dari dalam tubuh, membersihkan usus Anda dan mencegah kembung.

Kacang hijau juga sangat rendah kalori, membuat kacang hijau sempurna sebagai makanan yang sering dikonsumsi, karena tidak membuat gemuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, serta kacang hjau membuat tubuh merasa kenyang.

2. Menurunkan kolesterol
Kacang hijau baik dikonsumsi oleh mereka yang ber-kolesterol tinggi. Dimana makan kacang hijau secara teratur mampu meurunkan kadar kolesterol.

Dengan kandungan kalori yang rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh, sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar dalam batas normal.

3. Mengatasi diabetes
Kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya bahwa kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal itu karena makanan yang memiliki kadar glikemik rendah mampu membuat kadar gula menurun (menjadi normal).

Menurut organicfacts.net, kacang-kacangan ini membantu dalam mengelola dan mengatur gejala diabetes pada banyak pasien. Studi tertentu menunjukkan pengaruh hipoglikemik definitif pada pasien diabetes. Diabetes merupakan sebuah kondisi yang membutuhkan perawatan konstan kadar gula darah (pada tingkat normal), sehingga tubuh mampu melakukan fungsinya dengan normal.

  1. Menguatkan tulang
    Kalsium dan fosfor adalah mineral yang sangat diperlukan keberadaannya untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mineral ini sangat penting dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak, dan mencegah osteoporosis pada usia dewasa.Kandungan fosfor dan kalsium di dalam kacang hijau berperan dalam proses regenerasi pembentukan tulang dan gigi.sejumlah nutrisi, seperti kalsium, ditemukan dalam kacang hijau, merupakan bagian integral dalam mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis. Kandungan yang sangat diperlukan yaitu vitamin K, vitamin A, dan silikon.

    Kekurangan asupan senyawa tersebut, telah dikaitkan (oleh para ahli) dengan peningkatan resiko keropos tulang, kekuatan tulang, dan daya tahan  tulang.

    Senyawa silicon merupakan mineral yang tidak umum didengar, yang relatif jarang terkandung di sebagian besar makanan. Namun, kacang hijau merupakan sumber yang sangat baik untuk asupan silikon, yang menjadi elemen penting dalam regenerasi tulang dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

    Konsumsi vitamin K yang mencukupi kebutuhan tubuh, sangat penting dalam meningkatkan kesehatan tulang, dengan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.

    Satu cangkir kacang hijau memberikan 14,4 mikrogram vitamin K (hampir 20% dari kebutuhan harian) serta 4% kalsium.

    5. Menghilangkan bekas cacar dan jerawat
    Selain dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar dan menghilangkan bekas jerawat. Caranya, pertama-tama rendam segenggam kacang hijau dalam air selama semalam.

    Besok paginya, setelah mengembang lalu ditumbuk hingga halus, lalu balurkan pada wajah sebagai masker.

    Kemudian tunggu beberapa lama, biarkan hingga mengering dengan sendirinya, seelah itu baru dicuci hingga bersih.

    6. Untuk ibu hamil dan janin
    Orang-orang dari dahulu menganjurkan pada wanita hamil untuk mengkonsumsi kacang hijau. Kemudian secara penelitian medis, dengan melakukan penelitian pada kandungan protein di dalam kacang hijau.hasil penelitian, bahwa kicang hujau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau, biasanya melahirkan bayi dengan rambut lebat.

    kandungan vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein, semuanya sangat penting untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

    Penelitian dari pihak Harvard Medical School Harvard Health Publications, menemukan bahwa asupan asam folat dibutuhkan untuk wanita hamil, gunak melindungi bayi dari masalah cacat tabung saraf. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan asam folat dan 6% dari besi (dari kebutuhan harian).

    7. Makanan pendamping ASI
    Makanan Pendamping ASI biasanya diberikan pada bayi berusia 6 bulan. Dan makanan yang paling direkomendasikan sebagai pendamping ASI adalah kacang hijau.

    Hal itu karena kandungan vitamin B kompleks, yang berperan penting dalam pertumbuhan bayi agar lebih maksimal.

    8. Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan
    Kacang hijau juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Dimana banyak  produk kecantikan yang menggunakan bahan kacang hijau.Selain itu, tempat lulur di spa-spa kecantikan, juga menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama. Kacang hijau memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit, hingga mengambil sel kulit mati yang berada di dalam tubuh.

    Penggunaan bahan kacang hijau sebagai lulur, membuat kulit nampak lebih putih, bersih dan halus. kacang hijau bisa membantu kulit bebas dari jerawat dan membuat kulit wajah lebih mulus. Kandungan protein di dalam kacang hijau memberikan manfaat besar bagi kulit, diantaranya menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah.

    Ramuan masker kacang hijau bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan membuat kulit sehat dan halus. Membuat ramuan masker kacang hijau ini, menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan tersedia di rumah.

    Dalam membuat masker kacang hijau, dibutuhkan 100 gram kacang hijau dan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, rendam kacang hijau dalam air hangat selama 15 menit (hingga kacang hijau terlihat agak mengembang).
  2. Tiriskan kacang hijau, lalu blender hingga halus.
  3. Campurkan kacang hijau (yang sudah halus) dengan yogurt, lalu aduk hingga rata.
  4. Sebelumnya, bersihkan wajah dengan iar bersih, lalu keringkan.
  5. Setelah itu, oleskan ramuan masker hingga merata
  6. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas wajah anda dengan air hangat.
  7. Akhiri dengan basuhan air dingin (biasa).
  1. Kesehatan Rambut
    Kacang hijau kaya protein yang berkhasiat untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah.Untuk memperoleh manfaat ini, maka dengan mengolah kacang hijau menjadi bahan alami untuk kesehatan rambut. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Siapkan segenggam kacang hijau
  2. Rebuslah dengan mencampurkan 3 gelas air.
  3. Biarkan airnya mendidih hingga kacang hijau membesar (upayakan jangan sampai kacang hijau pecah).
  4. Setelah itu angkat air rebusan, lalu saring airnya.
  5. Embunkan (biarkan) air saringan semalaman
  6. Bilaskan air tersebut ke rambut, sembari digosok-gosok sampai merata, lalu diamkan selama 20-30 menit.
  7. Terakhir bilas rambut dengan air bersih seperti biasa.
  1. Mencegah kanker usus
    Kandungan serat yang cukup tinggi dari kacang hijau, bermanfaat untuk membersihkan pencernaan dari zat-zat yang beracun, sehingga mengurangi terjadinya gangguan di pencernaan seperti kanker usus.sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau bermanfaat untuk mencegah polip pra-kanker yang umumnya menyebabkan kanker usus besar.

    Banyak penelitian telah mencoba untuk menghubungkan asupan kacang kering untuk pencegahan kanker, bukti baru menunjukkan bahwa peningkatan asupan kacang hijau dapat mengurangi risiko kanker adenoma dan kanker kolorektal.

    Kandungan serat tinggi berdampak positif bagi sistem pencernaan. Asupan serat mempermudah proses pencernaan dan meningkatkan gerakan usus yang sehat. Studi tertentu telah menunjukkan korelasi positif antara peningkatan asupan serat dan penurunan kanker usus besar, tapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%