10 Menu Kuliner Khas Batam yang Wajib di Cicipi

0
552

Batam adalah suatu kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Letaknya yang sangat dekat dengan Singapura ini bukan hanya terkenal sebagai kota wisata tetapi mereka juga mempunyai wisata kuliner yang tak kalah enaknya dan wajib untuk dicicipi oleh wisatawan dari berbagai Negara.

Mau tahu apa saja menu-menu kuliner dai Kota Batam? Yuk kita simak sama-sama!

  1. Gong-gong

Eits.. jangan kaget dulu ini bukan seperti yang kalian pikirkan lho. Gong-gong adalah sejenis siput laut yang diolah dengan cara direbus atau ditumis dengan bumbu-bumbu khusus. Menu masakan ini bisa kalian jumpai di berbagai restoran seafood di Batam pastinya. Dan gong-gong sendiri kini menjadi makanan khas Batam yang wajib kalian coba jika sedang berkunjung.

  1. Bingka Bakar

Kue yang berasal dari Melayu ini sangat mudah dicari karena setiap pengunjung yang datang ke Batam pasti akan menunjukan bingka bakar sebagai menu khas Batam. Bingka bakar juga mempunyai berbagai varian rasa yaitu seperti strawberry, coklat, keju, wijen, dan juga pandan. Dan bingka bakar ini juga sangat cocok dijadikan buah tangan.

  1. Luti Gendang

Cemilan kuliner yang berupa kue yang berbentuk oval. luti gendang ini berisikan ikan yang dimasak dengan campuran bumbu khas tertentu. Kue khas Batam ini dapat dengan mudah kamu temukan di para pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya di pinggir jalan. Luti gendang lebih mantap jika disantap saat masih hangat.

  1. Sop Ikan

Menu makanan khas Batam selanjutnya ada sop ikan. Sop ikan mungkin mudah kita jumpai bahkan ada di restoran manapun, tetapi sop ikan di Batam ini mempunyai cita rasa yang sangat khas. Bahan utamanya adalah dari ikan tenggiri. Sop ikan khas Batam ini sangat enak disajikan selagi panas dan ditemani dengan nasi putih hangat.

  1. Bilis Molen

Makanan khas Batam selanjutnya yaitu Bilis Molen. Kuliner khas kota Batam yang satu ini berbahan dasar ikan teri dan tepung terigu. Cara pengolahannya, yaitu ikan teri dibungkus dengan tepung terigu seperti membuat Kue Molen, kemudian digoreng.

Citarasa kombinasi antara tepung terigu dan ikan terigi ini sungguh gurih dan lezat. Bilis Molen ini bisa dijadikan cemilan sambil bersantai dengan secangkir kopi atau teh, atau bisa juga disantap dengan nasi dan lauk lainnya

  1. Mie Terempa

Mie Tarempa yang merupakan makanan khas Batam. Jenis mie yang dipakai untuk memasak Mie Tarempa ini adalah mie gepeng alias mie dengan bentuk yang agak lebar. Kemudian, mie tersebut dimasak dengan bahan dan rempah yang hampir sama seperti membuat mie goreng biasa. Akan tetapi, yang membuat Mie Tarempa ini menjadi spesial adalah topping-nya. Mie khas Batam ini biasa disajikan dengan suwiran ikan tongkol atau tambahan seafood di dalamnya sehingga rasanya menjadi semakin lezat.

  1. Nasi Dagang

Makanan khas kota Batam selanjutnya adalah nasi dagong. Nasi dagang merupakan singkatan dari nasi daging gonggong. Masih ingat kan dengan gong gong? Sejenis siput yang juga dijadikan sajian masakan tersendiri. Cara pengolahan masakan ini adalah dengan mencampurkan nasi yang telah diberi bumbu rempah dan daging gonggong, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Nasi dagong biasanya dijadikan menu andalan saat sarapan dan disajikan bersama dengan teh tarik. Satu porsi nasi dagong biasanya diberi harga 10 ribu rupiah saja.

  1. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa juga menjadi salah satu makanan khas Batam yang sering dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Walaupun bahan dasarnya adalah pisang, tapi kue ini memiliki beberapa varian rasa yang berbeda-beda.

Selain itu, kue ini juga memiliki topping yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu, seperti Colekat, Kacang, dan Keju. Oleh Oleh khas Batam ini juga termasuk kue yang mudah dicari, karena ada banyak toko yang menjajakan kue ini.

  1. Stik Buah Naga

Makanan ringan khas Batam yang satu ini terbuat dari buah naga yang terkenal sebagai salah satu buah-buahan segar yang sering dijadikan dessert. Kali ini di Batam ada buah naga yang diolah menjadi stik. Buah naga ini dipotong potong memanjang kemudian dikeringkan dengan cara digoreng di atas minyak panas. Selain cocok dijadikan cemilan, stik buah naga ini juga bisa dijadikan oleh oleh karena kemasannya bagus dan mudah dibawa. Rasanya dominan manis namun tidak terlalu kuat. Cocok di lidah orang Indonesia deh pokoknya.

  1. Teh Obeng

Selain makanan, Batam mempunyai minuman yang biasa kita jumpai tetapi namanya yang bisa di bilang unik, yaitu “Teh Obeng”. Apa itu teh obeng ? teh yang di campuri obeng mungkin ? haha bukan. The Obeng itu sama halnya seperti Es Teh Manis yang biasa orang menyebutnya. Nama Obeng sendiri berasal dari kata ” o “ dan ” beng “, dimana dalam bahasa Tionghoa, kata ” o “ artinya kosong, sedangkan kata ” beng “ artinya es.

Itu tadi beberapa menu makanan khas Batam dan masih banyak lagi menu makanan, minuman dan cemilan yang ada di Kota Batam. Jika kalian penasaran dengan menu-menu yang ada diatas kalian bisa berkunjung dan cicipi semua kuliner yang di Batam.

 

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

 

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%