Oktober 2017, Ada Aksi Demo Kumpulan Mahasiswa.

0
99

Untuk menyampaikan pendapat di muka umum, dalam hal ini demonstrasi, dilindungi oleh konstitusi dan Undang-Undang. Dalam dunia demokrasi, menyampaikan pendapat di muka umum merupakan hal yang wajar, begitu juga di Indonesia.

Maka  dalam menyampaikan pendapat tersebut terdapat norma umum yang harus dipatuhi bersama, seperti tidak mengganggu ketertiban umum, tidak merusak fasilitas umum dan melakukan kekerasan.

Hal tersebut yang ternyata tidak dipahami oleh para mahasiswa yang berdemonstrasi pada 20 Oktober 2017 kemarin. Pada aksi evaluasi 3 tahun Jokowi, Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar demo hingga larut malam.

Mereka menutup jalan yang sering dilewati warga, membuat kemacetan, kemudian melanggar batas waktu dalam berdemonstrasi, dan diakhiri dengan kericuhan. Sesuai aturan yang berlaku demonstrasi seharusnya berakhir sampai pukul 18.00.

Dengan menyaksikan  kondisi  demonstrasi mahasiswa seperti di atas maka sangat wajar bila aparat keamanan melakukan tindakan tegas. Pembubaran oleh aparat bukan karena ingin membatasi demokrasi. Tapi sebagai upaya untuk melindungi kepentingan masyarakat secara luas dari gangguan ‘adik-adik’ mahasiswa yang kurang bertanggung jawab itu. Dan aksi demo untuk niat yang baik perlu di jempol.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%