4 Alasan Mengapa Anda Harus memulai Hiroponik

0
34

Sebagian informasi yang terangkat oleh media, bahkan telah menjadi informasi umum bila memulai tanaman hidroponik menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Dari lahan seluas 8 x 5 meter saja menghabiskan anggaran 20 sampai 30 juta.

Lalu bagaimana bila, Anda berkeinginanan kuat untuk memulai usaha hidroponik namun, tidak memiliki cukup budget,? Nah kali ini ada beberapa tips untuk tanaman hidroponik dengan biaya murah dan sangat terjangkau, bahkan sebagian material yang digunakan dari bahan-bahan yang mudah ditemukan. Berikut Perbandingan dan alasan mengapa Anda berani memulai wirausaha hidroponik

1. Lebih Ekonomis Secara Anggaran

Ekonomis disini dimaksudkan adalah, efisiensi waktu, biaya dan tenaga. Bercocok tanam dengan pola hidroponik tentunya tidak memerlukan lahan yang harus cangkul atau digemburkan, selain itu tidak perlu menyiram tanaman bila musim panas atau kemarau karena dalam media hidroponik sudah ada larutan nutrisi yang menjadi asupan dari tanaman hijau hiroponik, bahkan dapat dikontrol kapan saja.

2. Tidak Khawatir Lahan Sempit

Bercocok tanam ala hidroponik bisa mengoptimalkan penggunaan tempat yang bisa jadi selama ini tidak mungkin digunakan untuk menanam tumbuhan. Akan tetapi dengan, konsep hidroponik, Anda dapat menanam tumbuhan secara vertical atau tersusun ke atas.

3. Tetap Dapat Mempertahankan Kualitas Tanah

Sudah menjadi keunggulan hidroponik, yaitu tanpa menggunakan zat pestisida ataupun cairan penyemprot hama tumbuhan. Bila dibandingkan dengan bertani secara tradisional, tentu menggunakan pestisida karena mencegah hama tumbuhan yang hampir sebagian besar berasal dari tanah.  Sehingga kondisi tanah pun sangat rentan dengan zat kimia dan tentunya telah tercemar. Secara berkepanjangan justru pertanian dengan pupuk dan pestisida sangat tidak ramah lingkungan karena telah merusak unsur alami dari tanah.

4. Panen Tanaman Lebih Maksimal hasilnya

Panen dari tanaman hidroponik lebih terjaga hasilnya, dalam artian dapat ditingkatkan dan dilipatgandakan hasilnya bahkan dapat dikendalikan. Selain itu tanaman hidroponik dari akar hingga pucuknya dapat digunakan dikarenakan bersih, tidak bercampur tanah ataupun zat pestisida.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%