5 alasan mengapa promosi dan jualan anda di akun pribadi harus “migrasi” ke Facebook Page

2
354

Facebook tidak bisa dipungkiri saat ini menjadi platform social media paling favorit untuk orang orang promosi dan menjual produk / bisnisnya. Beberapa alasan yang sudah umum seperti :

  1. jumlah pengguna terbanyak di Indonesia bahkan dunia,
  2. platform socmed paling komplit karena bisa posting status teks, foto bahkan video,
  3. dan juga status facebook sebagai social media pertama di dunia menjadikannya popular dan sangat digemari banyak orang, selain untuk berkabar kabar dan bersosial, juga ternyata sering dipakai untuk promosi dan jualan.

Kalau kita perhatikan, setiap kali kita buka jendela newsfeed / kabar berita di akun facebook pribadi kita, seringkali terlihat status teman kita atau teman temannya kita yang ikutan posting promosi dan berjualan dengan status dari akun pribadi mereka, bahkan terkadang ada juga yang nekat dengan melakukan “tag” menandai temannya supaya dapat notifikasi pesan promosinya mereka.

Beragam promosi dan pesan bernada komersil begitu ramai dan pasti selalu hadir di jendela newsfeed kita, biasanya yang sering muncul itu produk produk onlineshop ( posting gambar produk lalu kasih status : bro sis ayo order ready stock, minat PM ), kemudian para penggiat MLM mulai dari yg resmi sampai abal abal dengan bahasa marketing yang mencolok dan hebooh seolah bisnisnya dia yang paling hebat dan keren…, juga gak ketinggalan para marketing properti dan otomotif juga kadang promosinya berseliweran, memanfaatkan promosi gratisan posting di status facebook nya.

Seperti contoh diatas, Memanfaatkan promosi melalui Facebook sebetulnya sah sah saja untuk dilakukan, namun perlu dicatat bahwa sebetulnya akun pribadi di facebook adalah untuk berbagi kabar berita dan lebih kepada hal hal yang bersifat aktifitas personal dan social, karena tempat promosi dan jualan sudah disediakan oleh facebook melalui akun Fanpage.

Facebook sebenarnya sudah memberlakukan sejumlah syarat dan ketentuan mengenai penggunaan akun jejaring sosial. Berjualan online atau menayangkan konten komersial menggunakan akun pribadi sangat dilarang.

Menarik keuntungan secara langsung dan melibatkan orang-orang yang berada dalam daftar pertemanan dengan status status bernada komersil sangat mengganggu sifatnya. Itulah sebabnya kegiatan berdagang online dan promosi seperti itu dilarang di Facebook.

Anda juga harus memahami bahwa sebetulnya dengan status status yang bernada jualan dan promosi itu, tidak semua dan belum tentu juga teman teman anda merasa nyaman dengan promosi promosi anda, bahkan malah bisa merasa “risih” dan “terganggu”

Pengguna yang merasa risih dengan aktivitas teman yang berdagang & promosi online dengan memposting konten komersial di wallpostnya atau men-tagnya di konten tersebut, bisa melaporkannya.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Tak jarang pula Facebook memblokir akun jualan online yang dilaporkan, atau bahkan yang tidak dilaporkan sekalipun, karena dinilai telah melanggar ketentuan yang telah diberlakukan dan disetujui oleh pengguna pada saat pertama kali mendaftarkan akunnya.

Ah masa sih, ada syarat dan ketentuan seperti itu ya saat mendaftar di facebook ? aha anda tentu bisa lupa atau bahkan sama sekali tidak menyadarinya, atau bahkan tidak membaca syaratnya saat membuat akun facebook ?

Kalau mau baca atau anda penasaran bahwa promosi dan memuat konten komersil bisnis anda di akun pribadi itu dilarang, coba cek kesini deh.

Berikut beberapa point pasal “larangan” berjualan dan promosi atau memuat konten komersil seperti teks, gambar dan video untuk keuntungan pribadi di akun facebook. ( semua ada di persyaratan pengguna akun facebook loh, saat anda mendaftar )

  1. Anda tidak akan mengirimkan komunikasi komersial tanpa izin (seperti spam) di Facebook.
  2. Anda tidak akan menggunakan kronologi akun pribadi Anda untuk keuntungan komersial, tetapi akan menggunakan Halaman Facebook untuk tujuan tersebut.

Nah sudah jelas khan, bahwa akun pribadi facebook kita memang tidak pernah diijinkan untuk memuat dan membagikan konten yang bersifat promosi dan komersil untuk tujuan keuntungan diri sendiri, karena sudah disediakan oleh facebook di akun halaman facebook.

Dan jika anda tetap “ngotot” dan “ngeyel”, hati hati kalau ada teman anda atau orang lain melaporkan konten anda yang memuat promosi dan komersil, akun Facebook anda bisa kena banned dan dinon-aktifkan selamanya, ujung ujungnya anda terpaksa buka akun baru dan harus mulai dari awal lagi. Repot khan ?

Jadi jika anda termasuk punya banyak kepentingan dan ingin bisnis anda berkembang serta membutuhkan promosi secara online, sebaiknya anda mulai dari sekarang untuk merubah kebiasaan promosi anda di Akun pribadi, dan mulai Migrasi ke akun bisnis Fanpage yang sudah disediakan oleh Facebook.

Bagi para pemilik usaha yang melakukan promosi secara online, sebaiknya tidak menggunakan akun Facebook pribadinya untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan. Apalagi sampai men-tag orang lain ke tulisan / foto promosi usaha tersebut.
Mengapa? Selain tidak elok, itu hanya akan membuat penilaian orang lain minus atau tidak respek terhadap barang / jasa usaha kita. Berjualan niatnya bukan cuma sekali – dua kali jualan, lalu pelanggan lenyap begitu saja, kan? Jadi harus pintar-pintar menjaga perasaan pelanggan atau calon pelanggan.
Bangun citra yang positif tentang usaha tersebut. Kalau mau promosi via Facebook, lebih baik gunakan Fanpage saja. Jangan pernah men-tag orang lain ke dalam konten promosi usaha kita, apalagi tanpa seizinnya! Hargailah halaman rumah orang lain, jangan membuat orang kesal karena harus repot menghapus konten-konten tersebut dari lamannya.
Dia kesal, kita pun bisa saja tersinggung karena merasa promosi usaha yang dipublikasikan tidak dihargai. kalau sudah begini semua khan sama sama tidak happy ending, iya khan ?
Berikut 5 alasan utama mengapa anda harus memiliki akun bisnis fanpage di Facebook, dan bukan posting komersil di akun pribadi anda sendiri :
1. Dapat menyesuaikan / kustom sesuai kategori bisnis anda

Salah satu alasan mengapa anda harus membuat Fanpage Facebook untuk bisnis toko online adalah anda dapat mempersonalisasi alias ‘Customize sesuai dengan kategori bisnis anda.

Seperti Anda dapat menambahkan fitur Ratings & Review, Menambakan Call-To-Action Click Button, Membuat urutan pada navigasi menu di Fanpage anda, hingga membatasi user facebook yang dapat fanpage anda berdasarkan umur.

BERBEDA JIKA ANDA MEMBUAT UNTUK PROFILE PRIBADI, ANDA TIDAK DAPAT MENG-CUSTOMIZE SESUAI KATEGORI BISNIS. DAN TENTU, LAYANAN PROFILE FACEBOOK PRIBADI TIDAK BISA MENG-CUSTOMIZE BERBAGAI FITUR.

Fitur untuk mengkustomisasi pada fanpage facebook ini menjadi salah satu alasan penting Mengapa Anda Harus Membuat Fanpage Facebook (FB) Untuk Bisnis Toko Online Anda ataupun produk dan jasa lainnya. Dan jika kita betul betul mengoprek semua fitur di Fanpage, sungguh powerful dan luarbiasa untuk melejitkan bisnis kita apabila memaksimalkan dan memanfaatkannya dengan benar.

2. Tidak terbatas jumlah pertemanan / Unlimited fans dan follower

akun pribadi kita dibatasi hanya sampai 5.000 orang, sementara jika buat akun fanpage anda bisa memiliki teman dan follower tidak terbatas alias unlimited, dan yang paling penting harus anda perhatikan adalah segmentasinya.

kalau di akun pribadi, pertemanan anda itu sifatnya umum dan tidak ada kategorinya, sementara dengan memiliki akun fanpage yang sudah anda kustomisasi kategori bisnisnya, tentu saja jumlah follower yg like fanpage anda sudah pasti sesuai dengan segmen dan target pasarnya.

Contoh : misal anda membuat akun fanpage dengan nama Royal Florist ( bisnis jualan bunga dan papan bunga ), tentu saja yg akan like dan follow akun fanpage bisnis anda tersebut adalah para pelanggan anda, atau orang orang yang suka dengan postingan produk produk dan layanan anda, dan juga yang ingin tahu lebih banyak soal bisnis anda.

Jadi pengikutnya tertarget dan tersegmen dengan tepat. sampai disini anda mudah mudahan paham…

Dengan fanpage, anda bisa membangun audience ( target pelanggan ) tepat sasaran, dimana hal ini akan sulit dilakukan dengan akun pribadi anda, karena teman teman anda mau berteman dengan anda awalnya karena kenal dengan anda atau menyukai profil anda, naaah jika akhirnya mereka lihat anda sering sering posting bernada komersil dan jualan, lama lama sebel dan bisa jadi menyesal. paling banter anda di un-friends, atau kalau mereka kesal, bisa lapor anda spamming ( promosi ) sehingga akun anda bisa diblock permanen sama facebook.

3. Lebih Profesional dan terpisah dengan akun pribadi

untuk penjelasan no 3 ini, saya akan berikan analogi begini. Anda punya bisnis Kuliner atau mau buka salon, atau buka toko pakaian, lalu jualannya dirumah anda sendiri. padahal oleh facebook sudah disediakan “kios di mall” atau “ruko” gratis di fanpage. Nah, kalau dirumah sendiri khan pelanggannya itu itu saja, kalau gak tetangga anda pastinya teman dan kerabat anda. iya khan ? maksudnya kontak pertemanan anda di facebook khan terbatas, sementara kalau di “ruko” atau bahkan “kios” di mall.. anda bisa menjangkau pasar yg lebih luas tanpa batas, selagi keramaian itu ada, maka peluang tetap bisa anda pelihara. begitu kira kira, paham khan maksudnya ?

Dan tentunya buka usaha di “rumah sendiri” kesannya kurang profesional, bisa juga dianggap teman teman anda kalau jualan anda hanya untuk sekedar iseng dan bukan mau diseriusi. nah sementara anda tentu maunya serius bisnis, tapi teman anda pikir anda hanya iseng dan main main.. itulah sebabnya mau bisnis dan posting jualan komersil anda harus perlu dibuat Fanpage agar terlihat profesional dan dianggap serius oleh follower bisnis anda. setuju ??

4. Tersedia Kontrol panel Dashboard Untuk Menganalisis / Memonitor Fanpage Anda

nah ini dia salah satu fitur yang saya suka apabila memiliki akun bisnis fanpage di Facebook. Ada tools dashboard untuk analisa dan monitor aktifitas postingan bisnis anda, dan semuanya Gratis tis.. coba bayangkan, anda punya bisnis tapi gak bisa monitor dan evaluasi laporan bisnis anda karena semuanya serba manual dan tanpa data, khan susah melihat pertumbuhan bisnis anda bukan ?

coba lihat contoh screenshot data yg disajikan di facebook page yg bisa jadi referensi anda :

screenshot 1, bisnis adalah membaca data. kalau anda tidak punya data yg ditampilkan, anda tidak tahu harus berbuat apa. Lihat data yg disajikan facebook di salah satu contoh fanpage diatas, semuanya data dan data untuk bisa dimonitor, dievaluasi dan ditindaklanjuti. menarik bukan ??

 

Screenshot 2, contoh diatas menunjukkan betapa gurihnya data yg disajikan oleh facebook untuk bisa mengevaluasi dan memonitor bisnis kita dari akun facebook, dan lagi lagi service ini gratis loh, kecuali kalau anda pakai layanan beriklan di Facebook. ya saya tekankan sekali lagi kalau facebook fanpage adalah layanan gratis facebook untuk mengelola bisnis anda lebih profesional.

Untuk screenshot kedua kita gunakan contoh penjualan jam dengan memposting produk dalam bentuk album di fanpage. disana kita bisa lihat bahwa ada 14 ribu org lebih yg melihat postingan, dan mendapat 1000 lebih interaksi dalam bentuk LIKE, KOMEN atau REACTION, sehingga apabila kita bisa mengolah data dan mengevaluasi dengan benar, kita bisa melakukan tindakan tindakan yg diperlukan untuk meningkatkan sales bisnis anda.

Misalnya, bagaimana cara memfollow up yg nge-like ? bagaimana meng-closing yg sudah bertanya harga dan lain sebagainya. Bisnis anda tentu saja akan seru menjalaninya…

Mau khan bisnis anda bisa berkembang dan selalu bisa dimonitor ?? nah, makanya sebaiknya anda putar haluan dan berhenti menggunakan akun pribadi untuk postingan yg bersifat komersil, dan mulailah serius membangun brand atau jualan produk / jasa anda dengan akun bisnis fanpage.

 

5. Memberikan Traffic / Kunjungan ke Website anda

Sudah bukan rahasia kalau mau bangun bisnis yg serius dan sukses di online harus memiliki website sendiri, karena biar bagaimanapun, dengan hanya memiliki akun Facebook merupakan platform yang tidak bisa anda kontrol sendiri dan peraturan facebook mungkin saja bisa berubah yang tidak menguntungkan posisi bisnis online anda suatu ahri kedepan, sehingga memiliki website yang merepresentasikan bisnis anda menjadi sebuah keharusan jika anda ingin membangun bisnis jangka panjang dan tidak hanya ketergantungan dari akun facebook saja.

Salah satu manfaat penting juga dengan Facebook pages memungkinkan anda menggiring traffic ke website karena anda dapat membuat custom tab yang me-redirect / tautkan tab tersebut ke website anda. Jadi website anda bisa mendapatkan traffic pengunjung gratis dari facebook.

Demikian 5 alasan utama mengapa anda harus buat facebook pages sekarang juga, sebetulnya masih banyak keunggulan dari facebook pages yang mungkin belum anda ketahui. tapi mudah mudahan artikel ini membantu anda untuk memaksimalkan kekuatan facebook page untuk mendongkrak bisnis anda.

Pesan penting : Hindarkan penggunaan facebook akun pribadi untuk bisnis jika tidak ingin account anda di banned. Semoga anda sukses membangun bisnis online !!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

2 COMMENTS