7 Alasan mengapa anda harus mulai berbisnis online…SEKARANG !!

0
264

Akhir akhir ini perekonomian di kota Batam diakui sedang mengalami kelesuan. Banyak orang mengeluh sulitnya mencari lapangan pekerjaan, juga pengusaha dan pebisnis merasakan dampak dengan menurunnya penjualan di berbagai sektor, yang berimbas kepada pengurangan jumlah karyawan, bahkan tidak sedikit yang terpaksa harus menutup lini usahanya karena alasan operasional dan omset yang jauh berkurang.

Kondisi ini diperkuat dengan banyaknya berita di surat kabar lokal maupun info yang dibagikan di social media tentang beratnya situasi ekonomi kota Batam saat ini. Terakhir, berita tentang banyaknya pemudik yang berencana tidak kembali ke Batam saat moment libur Idul Fitri, menambah deretan situasi ekonomi yang kurang kondusif di Batam.

Meskipun roda ekonomi dan finansial mungkin sedang berat dirasakan oleh banyak orang saat ini, tetapi harapan dan optimisme itu harusnya tetap ada dan menjadi penyemangat agar kita tidak semakin terpuruk dan menyesali keadaan.

Salah satu harapan itu mungkin bagi orang orang yang sulit mendapat pekerjaan adalah : mengapa tidak mulai terjun saja berbisnis, dan jika anda terkendala soal modal atau biaya besar untuk memulai, maka pilihan terbaik adalah terjun ke Bisnis Online…karena Bisnis Online relatif tidak terlalu banyak mengeluarkan uang ataupun permodalan, juga sebetulnya mudah dipelajari asalkan ada niat dan tekad untuk menjalankannya.

Bisnis Online itu Sejatinya sama saja dengan halnya bisnis real seperti halnya konvensional bisnis, namun di sini hal terpenting adalah membutuhkan perangkat yg bisa online seperti Laptop atau komputer, atau bahkan bisa juga dengan smartphone dan juga adanya koneksi internet yang mampu menghubungkan kita pada orang lain, lalu ada produk yang dijual dalam bentuk fisik atau jasa, dan tentunya kreatifitas untuk menjalankannya.

Nah, lebih dalam berikut ini adalah 7 alasan mengapa seseorang memilih untuk memulai bisnis online. Semoga bisa menginspirasi.

1. Fakta Pengguna Internet Indonesia = PASAR

Orang mau jalankan bisnis itu karena ada pasarnya. Begitu juga jika terjun ke bisnis online. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Internet terbesar di dunia. Faktanya pada tahun 2014 jumlah pengguna internet mencapai 71 juta orang, dan mengalami peningkatan sebesar 34,9 persen di tahun 2015. Maka jumlah pengguna internet pada tahun 2015 diperkirakan mencapai 88,1 juta jiwa.

Fakta lain yang perlu kita perhatikan adalah rata-rata orang menggunakan internet selama 5 jam, 75% menggunakan media sosial dan dari jumlah rata-rata pengguna internet 58,4% berusia 17 sampai 39 tahun,

Dari fakta di atas kita dapat menyimpulkan bahwa target pasar usia produktif semakin meningkat dengan sebagian besar mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Jika kita jeli melihat peluang, tentunya fakta di atas adalah alasan kita untuk mulai menjalankan bisnis online.

Baca Juga : Dibuka Pelatihan Workshop 2 Hari Full ” Belajar Bisnis Online & Digital Marketing di Batam “

2. Target Pasar yang Luas = PELUANG

Revolusi internet telah mengubah banyak aspek kehidupan. Dengan bantuan jaringan internet, anda dapat berkomunikasi dengan orang lain di luar kota, luar pulau, dan bahkan sampai keluar negeri. Luasnya jangkauan berkomunikasi ini memungkinkan anda untuk menjual produk lebih banyak lagi.

Target yang anda bidik akan lebih luas. Dengan hal ini anda akan mampu menjual produk anda ke seluruh wilayah di indonesia bahkan mancanegara hanya dengan bantuan koneksi internet, smartphone ataupun komputer tanpa harus keluar rumah. Dengan demikian, berbisnis online bisa dijalankan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga, mahasiswa & pejalar, bahkan pengangguran bisa mulai punya income dari berbisnis online.

3. Mudah dan Fleksibel = SIMPEL

Memang sebetulnya berbisnis atau berwirausaha bukanlah sesuatu yang mudah, selain alasan permodalan, semuanya memerlukan persiapan yang benar-benar matang. Tapi seiring perkembangan zaman dan teknologi, berbisnispun akan semakin lebih mudah dan fleksibel jika melalui internet.

Dengan menjalanakan bisnis online anda bisa membuka toko anda selama 24 jam non stop, dan tidak menuntut anda untuk ahli di bidang online karena sistem yang akan membantu anda mengelola bisnis anda. Anda tidak perlu lagi keluar rumah dan pergi ke toko untuk melayani pelanggan, cukup dengan smartphone atau laptop anda akan menerima notifikasi yang akan memberitahukan jika ada pesanan dari pembeli.
meskipun sederhana dan tampak mudah, tentu anda juga perlu dan berkomitmen untuk mempelajari ilmu berbisnis online agar anda meraih hasil maksimal.

4. Produk Mudah Dikenal = PROMOSI

Dengan adanya internet, produk anda akan lebih mudah untuk dikenal dan diketahui oleh semua pengguna internet. Terlebih jika anda aktif di berbagai media sosial, media komunitas atau forum jual beli, pastinya merket anda akan cenderung meningkat secara pelan tapi pasti.

Salah satu media yang sering digunakan oleh pebisnis online adalah dengan posting status komersil atau promosi di Facebook, sebagai media sosial terbesar di dunia dan Indonesia dengan pengguna sampai 80 jutaan di Indonesia. Namun sayangnya masih banyak yang tidak memiliki pola dan teknik menjual yang baik di Facebook, sehingga hasilnya masih belum maksimal.

Untuk mengantisipasi dan memperbaiki cara promosi yang benar di Facebook, tentu saja harus memanfaatkan fasilitas periklanan di Facebook alias berbayar. Meskipun ada biaya yang dikeluarkan untuk iklan, tetapi masih cukup terjangkau dan tergolong murah dibanding harus beriklan di koran atau media konvensional.

Sebaiknya anda perlu belajar mengenai cara beriklan yang baik dan benar di Facebook atau platform lainnya, namun anda juga bisa meminta jasa agen periklanan online untuk memasangkan iklan untuk produk bisnis anda.

Baca Juga : Kelas Workshop Ini Mengajarkan anda cara benar dan efektif promosi dan jualan di Facebook

5. Tidak Bergantung Pada Situasi dan Cuaca = FLEKSIBEL

Salah satu hal yang membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis online adalah karena tidak bergantung pada situasi dan cuaca. Penjual tidak harus menutup tokonya karena situasi tertentu contohnya pada saat terjadi banjir atau bencana alama lainnya, dan pembeli tidak perlu risau untuk datang bermacet-macetan ke toko anda atau di karenakan hujan dan tidak jadi mengunjungi toko anda.

Dengan internet, dalam situasi dan cuaca yang buruk anda akan tetap dapat melakukan transaksi penjualan dengan pembeli.

6. Menciptakan Lapangan Kerja Baru = JADI BOSS

Dengan membuka bisnis online sekarang juga, saat anda sudah mulai berkembang dan meraih omset stabil atau bahkan meningkat, maka anda dapat merekrut sebagian orang untuk bergabung mengembangkan bisnis anda, secara tidak langsung anda turut berpartisipasi menurunkan jumlah pengangguran di Indonesia dan membantu mereka untuk memenuhi kebutuhan finansialnya. Disinilah letak nikmatnya sebagai pebisnis, bisa mempekerjakan orang lain, membayar gaji mereka, dan tentu saja anda sudah bisa disebut dan dipanggil “boss”.

Banyak loh, ibu rumah tangga dan mantan pengangguran yang sukses menjadi jutawan dari bisnis online. Mereka mulai dari nol, punya tekad dan semangat, serta kemauan untuk belajar dan tentu saja menikmati prosesnya dan jatuh bangunnya, sampai sukses.

 

Dapatkan KODE DISKON 50% Workshop Fast Track Digital Marketing @ Batam DISINI

7. Relatif Praktis Dalam Hal Sarana Prasarana = APLIKATIF

Berbisnis terbilang kegiatan yang sedikit rumit, memerlukan skills dan faktor-faktor pendukung lainnya, seperti harus menyewa gedung atau kantor sendiri, membutuhkan konsultan pajak agar anda tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pajak setiap tahunnya.

Tapi lain hal dengan bisnis online, anda cukup mengeluarkan biaya yang terjangkau untuk membuat hal tadi menjadi lebih praktis. Contohnya anda cukup mengganti toko real yang membutuhkan banyak biaya tadi dengan membuat sebuah website atau cukup dimulai dengan membuat akun Fanpage di Facebook, bisa jadi alternatif toko online anda.

Memang bagi sebagian orang membuat toko online sendiri sangat sulit karena memerlukan beberapa kemampuan dan pemrograman yang baik. Namun hal ini tidak perlu anda risaukan, anda cukup menyewa seorang ahli website untuk membuatkan anda sebuah website atau toko online, biaya yang di keluarkan tentu masih jauh lebih terjangkau jika di bandingkan anda harus menyewa gedung sendiri. Pilihan lain bis juga dengan mengikuti kursus atau pelatihan di kota anda, untuk bisa membuat web toko online sendiri dan juga belajar tentang pemasaran digital atau online.

Nah, cukup menarik bukan ?? jadi jangan mengeluh saja atau meratapi keadaan. Mulailah terjun ke bisnis online, karena anda pasti tahu bahwa kedepan Internet akan semakin merasuki segala aspek kehidupan. Sehingga peluang itu akan semakin besar, dan jika anda tidak mulai dari sekarang, maka bisa jadi anda akan ketinggalan dari yang lain yang sudah terjun menekuni bisnis online.

Jika anda sudah ngebet ingin terjun ke bisnis online dan merasa perlu belajar apa itu website, apa itu toko online, bagaimana bisa jualan di Facebook dengan benar, bagaimana menguasai strategi Digital Marketing,…

maka anda bisa belajar di Akademi Bisnis Online ( Bison ) yang sudah punya cabang di kota Batam dan Denpasar, Bali.

Nah kebetulan.. Akademi BISON Batam sedang membuka Kelas Workshop 2 Hari FAST TRACK DIGITAL MARKETING ( 22 – 23 Juli 2017 ), dengan investasi biaya belajar yg terjangkau anda akan dibimbing dan diajarkan bagaimana memulai dan menguasai strategi penjualan di dunia digital marketing, mulai dari web toko online, mencari produk untuk dijual, sampai memasarkannya secara online.

Masih ada DISKON 50% bagi pembaca Batampop, silahkan klik gambar dibawah untuk melihat informasi cara mendapatkan DISKON nya :

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%