7 Fakta Facebook Ads yang Harus Kamu Ketahui

0
65

Tahukah Anda? Menggunakan Facebook Ads untuk bisnis bukan lagi sesuatu yang baru. Hampir semua bisnis yang dijalankan melalui media online akan merambah media ini sebagai salah satu jalan mempromosikan bisnis mereka. Tentu saja dengan beberapa kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Facebook itu sendiri.

Tapi sebelum jauh melangkah, mungkin Anda harus diyakinkan kembali dengan fakta yang disajikan Facebook Ads untuk bisnis Anda. Apa saja itu?

Related image

Fakta ke-1

PENGGUNA YANG SANGAT BESAR. Seperti yang sudah kita ketahui, diera digital ini pengguna facebook sudah merajai semua kalangan.

Fakta ke -2

BIAYA YANG SANGAT MURAH. Dibandingkan bila Anda memasang iklan di media konvensional, menjalankan FB Ads terbilang sangat murah. Anda bisa mulai beriklan dari Rp 10.000 per harinya dan dapat Anda tingkatkan bertahap ketika iklan Anda sudah memberikan hasil yang semakin baik. Tapi bila saya boleh saran, sebaiknya bila Anda mau test di awal coba gunakan budget Rp 25.000 agar hasilnya lebih terlihat.

Fakta ke – 3

FITUR TARGETING. Ini salah satu fitur yang harus Anda maksimalkan untuk mentargetkan market yang Anda tuju. Anda bisa mentargetkan lokasi, umur, jenis kelamin, interest, perilaku bahkan jenis OS smartphone yang mereka gunakan. Untuk memaksimalkan fitur targeting ini Anda dapat mengkombinasikan dengan menu ‘Audience Insight’ yang juga disediakan FB agar target Anda semakin spesifik. Untuk iklan awal, usahakan agar target Anda se-spesifik mungkin ya. Alasannya akan saya coba share di postingan berikutnya ya. 🙂

Fakta ke – 4

FITUR RE-TARGETING. Ini juga salah satu fitur yang keren. Anda dapat membuat ‘kolam audience’ Anda & mentargetkan ulang iklan Anda ke mereka. Untuk mudahnya saya kasih sedikit contoh ya semoga mudah dipahami.

Contoh : bila Anda bikin 3 jenis iklan (iklan A, iklan B, iklan C). Iklan A Anda targetkan ke market X sebanyak 1000 orang & yang melihat iklan A dari market X ada 500 orang lalu Anda mengiklankan iklan B ke 500 orang tsb saja & yang melihat iklan B ada 100 orang.

Terakhir Anda mengiklankan iklan C hanya ke 100 orang tsb saja & Anda arahkan untuk melakukan pembelian ke web atau daftar ke WA Anda. Potensi closingnya harusnya makin besar. Bingung gak ya? hehehe..

Fakta ke – 5

JANGKAUAN POSTINGAN ORGANIK YANG SEMAKIN KECIL. Jika 2-3 tahun lalu jumlah likes di sebuah fanpage akan berpengaruh terhadap jangkauan iklan yang didapat maka saat ini sayangnya hal tsb sudah kurang powerfull. Dari info yang saya dapat, kini jangkauan postingan ORGANIK Anda di Fanpage hanya sebesar 0,5%. Bila Anda punya 1000 likes maka info tsb hanya bisa menjangkau 5 akun saja. Ada yang merasakan hal ini jugakah?

Fakta ke – 6

FITUR LOOKALIKE. Ini fitur yang harus Anda gunakan bila ingin scale iklan Anda di FB. Saya akan bahas lebih lengkap di postingan selanjutnya karena akan panjang buangett tapi mudahnya ialah si FB akan membantu kita mencarikan KARAKTERISTIK MARKET SERUPA dengan yang sudah kita tentukan & jumlahnya lebih besar.

Fakta ke – 7

FB SELALU MELAKUKAN UPDATE FITUR. Ini salah satu hal yang saya suka Karena akan selalu ada fitur-fitur baru yang membuat iklan makin maksimal walaupun terkadang bikin bingung karena kita harus selalu testing & mencoba efektifitas fitur tsb. Beberapa fitur baru yang baru publish seperti fitur ‘Create a rule’, placement ‘in stream videos’ & ‘instant article’ & beberapa fitur lainnya yang saya pun masih coba.

Tapi yang menarik ialah saat WA kemarin melakukan update yang kini makin mirip Instagram. Kita lihat apakah WA (Whatsapp) akan menjadi salah satu channel untuk beriklan di FB Ads juga. We’ll see.. hehehe..

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

sumber : mebiso.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%