7 Jurusan Kuliah Anti-Mainstream dengan Peluang Kerja yang Menjanjikan

0
119

Memilih jurusan kuliah seringkali menjadi hal yang sulit untuk sebagian orang, sebab hal tentu akan sangat berpengaruh pada karir dan masa depan yang bersangkutan. Ada banyak jurusan yang tersedia di berbagai kampus yang terdapat di Indonesia, di mana beberapa jurusan ini bahkan memiliki sejumlah peminat yang cukup tinggi. Jurusan favorit dan paling banyak diincar, apakah ini akan selalu menjadi jurusan yang paling menjanjikan untuk masa depan?

Pada dasarnya, pemilihan jurusan kuliah ini akan membutuhkan sebuah pertimbangan yang matang dan tentunya tidak selalu mudah bagi semua orang. Namun berbagai jurusan yang favorit dan memiliki jumlah peminat paling tinggi, tentu akan berbanding lurus dengan sejumlah alumni yang juga tak kalah banyaknya, tersebar di mana-mana, seperti para alumni jurusan akuntansi dan juga hukum yang cukup banyak di Indonesia.

Jika sudah begini, maka bisa dipastikan jumlah lowongan kerja yang tersedia untuk berbagai jurusan tersebut juga sangat terbatas, sebab jumlah peminatnya juga sangat banyak.

Sedikit Peminat, namun Peluang Kerja yang Besar

sedikit peminat

Daripada berbondong-bondong memilih jurusan yang paling diminati, mengapa kamu tidak mencoba untuk memilih salah satu jurusan anti-mainstream namun memiliki sejumlah peluang kerja yang cukup menjanjikan. Ini bahkan akan jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan jurusan favorit yang juga memiliki peminat yang banyak dan tentunya dibarengi dengan jumlah peluang kerja yang cukup terbatas.

Kamu tentu ingin sebuah jurusan yang bisa memberikan kemudahan dalam berkarir dan meraih masa depan, bukan? Berikut ini adalah 7 jurusan kuliah anti-mainstream dengan peluang kerja menjanjikan, yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan:

1. Aviation safety

aviation safety

Ingin berkutat di dunia penerbangan, kamu tentu tidak harus selalu menjadi seorang penerbang (pilot) saja. Sejumlah jurusan lainnya juga bisa kamu jadikan pilihan di bidang penerbangan ini, salah satunya adalah aviation safety. Di dalam jurusan ini, kamu akan mendalami ilmu mengenai keselamatan penerbangan, sehingga ini akan sangat tepat bagi kamu yang memiliki jiwa kemanusiaan yang sangat tinggi.

Sebagaimana jurusan lainnya di bidang penerbangan, kamu juga harus memiliki kemampuan fisik dan juga kesehatan yang cukup prima, sebab di sini kamu akan dilatih untuk menangani berbagai masalah kecelakaan dan juga hal lainnya terkait dengan keselamatan penerbangan itu sendiri.

Mengenai peluang kerjanya, jurusan ini tentu akan terserap dengan baik oleh perkembangan bidang penerbangan di Indonesia yang semakin menunjukkan trend positif. Sejumlah maskapai penerbangan akan menunggumu, baik itu yang berskala nasional ataupun internasional.

2. Cyber Security

Jurusan yang satu ini akan membutuhkan kemampuan yang baik di bidang komputer, sebab kamu akan berkutat di seputar teknologi dan pengamanannya. Peluang kerjanya tentu akan sangat terbuka luas, mengingat perkembangan teknologi dan internet di Indonesia juga semakin maju dengan pesat.

Pada dasarnya, jurusan ini akan mendalami ilmu mengenai berbagai tindakan untuk pengamanan data dan juga sistem, sehingga akan ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan keahlian yang satu ini. Kamu tidak akan kesulitan untuk memilih salah satu kampus terbaik untuk jurusan ini, sebab ada banyak kampus yang memilikinya.

3. Teknik Lingkungan

teknik lingkungan

Sebagai negara berkembang, Indonesia tentu memiliki berbagai sektor industri yang akan menjadi motor penggerak kemajuannya. Inilah yang kemudian menjadi salah satu hal yang dapat kamu jadikan sebagai peluang yang baik untuk memilih jurusan teknik lingkungan ini.

Sejumlah industri ini akan membutuhkan pengawasan yang ketat, terkait dengan dampak dan juga berbagai hal lain yang ditimbulkannya terhadap lingkungan sekitarnya. Pencemaran, kerusakan lingkungan dan habitatnya, sanitasi, pengolahan limbah adalah berbagai hal yang akan kamu tangani setelah lulus dari jurusan yang satu ini. Terkait dengan peluang kerjanya, sektor swasta dan juga pemerintah akan sangat membutuhkan tenaga di bidang ini dalam jumlah yang cukup besar.

4. Fashion designer

Jurusan ini khusus untuk kamu yang memiliki selera fashion yang baik, sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan besar untuk mendalaminya. Menjadi seorang fashion designer akan membuat kamu bergelut di bidang fashion, dan tentu saja terjun secara langsung ke dalam industri fashion itu sendiri. Jika memang memiliki bakat dan juga minat yang besar di bidang ini, maka kamu bisa saja sukses dan menyusul sejumlah desainer besar Indonesia yang juga berkiprah dan cukup dikenal di dunia.

Jurusan ini akan selalu memiliki peluang kerja yang sangat baik, mengingat dunia fashion Indonesia memang sedang mengalami trend positif dan semakin dikenal secara luas di dunia. Bahkan jika mampu, kamu bisa saja menjadi salah satu fashion designer berkelas dunia, seperti beberapa desainer muda Indonesia yang bisa menembus dunia fashion internasional..

Mau dapat Income sampingan, dan dapat ilmu bisnis online ? disini aja…

5. Hubungan Internasional

hubungan internasional

Kemampuan bahasa, komunikasi, dan juga minat serta pemahaman yang baik pada berbagai isu internasional akan sangat dibutuhkan di dalam jurusan yang satu ini. Kamu harus benar-benar cerdas dan memiliki kemampuan berdebat yang baik di depan umum, sehingga kamu dapat menjadi wakil Indonesia pada berbagai pertemuan penting di depan dunia internasional.

Pada umumnya, lulusan hubungan internasional akan berkarir di pemerintahan, meskipun tidak tertutup peluang bagi mereka untuk bekerja di sektor swasta atau bahkan pendidikan.

6. Pembangunan Daerah

Ini khusus bagi kamu yang memiliki minat untuk berkarir sebagai abdi negara, sebab lulusan dari jurusan ini pada umumnya akan menjadi seorang pegawai negeri dan menempati berbagai posisi di bidang pemerintahan, baik itu pemerintahan pusat ataupun daerah / wilayah. Bagi kamu yang berminat untuk mengambil jurusan ini, maka beberapa institusi pendidikan milik pemerintah bisa dijadikan pilihan, atau bahkan universitas swasta lainnya.

7. Astronomi

astronomi

Menjadi satu-satunya kampus yang memiliki jurusan astronomi di wilayah Asia Tenggara, ITB seharusnya telah mencetak banyak alumni yang dapat memajukan bidang astronomi di negara kita ini. Namun hingga kini, pengetahuan di bidang astronomi negara kita terbilang masih sangat minim dan ketinggalan jauh dari sejumlah negara Asia lainnya.

Jurusan ini menjadi salah satu yang paling menjanjikan untuk dipilih, sebab peluang kerjanya masih sangat terbuka luas, kamu bisa saja menjadi seorang dosen atau peneliti yang akan memajukan dunia astronomi di negara kita.

Sesuaikan dengan Minat dan Kemampuan Belajar

Meski beberapa jurusan anti-mainstream menjanjikan peluang kerja yang bagus, namun kamu tetap harus memilih yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan belajar kamu. Jangan sampai memaksakan diri untuk mengambil jurusan tertentu yang ternyata sulit kamu ikuti, sebab ini hanya akan membuatmu mengalami masalah di perkuliahan nanti.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

sumber : cermati.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%