78 Triliun per Tahun, Ekonomi merugi karena Obesitas

0
287

Hampir semua Negara di dunia, menjadikan obesitas sebagai permasalahan yang universal, mengapa? karena sangat mempengaruhi seluruh struktur ekonomi baik secara makro maupun mikro. Alasan kuat mengapa obesitas atau tubuh berbadan gempal/gemuk berlebihan menjadi masalah disebabkan bertambahnya angka kesakitan dan berujung pada semakin banyaknya yang meninggal dunia.

Hasil riset, dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Departemen Gizi Masyarakat Fak. Ekologi Manusia (Fema) dengan 3 orang peneliti Drajat Martianto, Arnati Wulansari, dan Yayuk Farida Baliwati, mengambil korelasi antara estimasi kerugian ekonomi akibat obesitas di Indonesia selama setahun.

“Adapun tujuan Penelitian memberikan deskripsi baik berupa estimasi maupun peristiwa kerugian ekonomi akibat obesitas pada orang dewasa di Indonesia. Estimasi kerugian ekonomi akibat obesitas dapat diukur dengan variabel biaya perawatan kesehatan, nilai ekonomi produktivitas yang hilang akibat kematian dini, dan nilai ekonomi produktivitas akibat ketidakhadiran kerja,” kata Drajat dalam rilis hasil riset, Rabu (3/1).

Untuk menjaga fondasi penelitian data yang digunakan adalah hasil penelitian Kesehatan Dasar tahun 2013, tentang pengeluaran perawatan inap maupun jalan dan berapa hari dihabiskan untuk perawatannya. Drajat memaparkan, pengeluaran perawatan medis diperkirakan dari perkalian proporsi kejadian komorbiditas dengan populasi obesitas, akumulasi orang yang mengalami obesitas, dan rata-rata biaya untuk merawat si penderita obesitas tersebut.

Fakta data dari hasil riset ini, mendapatkan bahwa angka untuk perawatan medis sebesar Rp 56,487 triliun selama setahun. Akibat perawatan medis tesebut, maka nilai produktivitas hilang dikarenakan kematian dini sebesar Rp 1,597 triliun per tahun.

Secara detil, angka ekonomi produktivitas yang lenyap karena beberapa faktor seperti tidak masuk kerja diestimasi sebesar Rp 20,394 triliun per tahun. Sehingga bila diakumulasikan keseluruhannya kerugian ekonomi disebabkan obesitas di Indonesia senilai Rp 78,478 triliun setiap tahunnya, atau sama dengan 0,9 persen Produk Domestik Bruto Indonesia.

Inilah yang menjadi tantangan bagi dunia, khususnya Indonesia bagaimana bisa menekan dan mengontrol angka kerugian ekonomi akibat obesitas tersebut, salah satunya adalah dengan pengontrolan prilaku gejala obesitas, mencegah obesitas sejak dini. Sehingga Indonesia mampu terhindar dari kerugian ekonomi berkepanjangan, yang bila dihitung sebesar Rp 0,217 triliun perhari selama 1 tahun akibat obesitas.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%