Amankan File RAHASIA!!!

0
118

Komputer merupakan serangkaian alat elektronik yang saat ini sudah banyak sekali digunakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari. Dengan sebuah perangkat komputer, kita sudah bisa mengolah dan menyimpan data-data pada hard drive komputer tersebut. Namun sayangnya, data tersebut tidak bersifat permanen sehingga dapat diubah-ubah, dihapus oleh siapa saja yang mengakses komputer tersebut.

Buat kamu yang menyimpan data-data penting kamu seperti foto, dokumen, musik, dan game di komputer, tentu kamu tidak mau dong kalau tiba-tiba data tersebut rusak, hilang, ataupun dihapus oleh orang lain. Terutama jika kamu menggunakan komputer milik bersama di mana kamu perlu mengamankan data penting kamu sehingga tidak bisa diakses oleh user lain.

Cara Mengunci File ‘Rahasia’ di Komputer Tanpa Aplikasi

Buat kamu yang mengalami hal yang sebelumnya sudah Jaka sebutkan, Jaka punya solusi nih yaitu tentang bagaimana cara mengunci dan menyembunyikan file di komputer tanpa aplikasi. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan data pribadi kamu di komputer dengan aman, tanpa perlu repot-repot lagi untuk menginstal aplikasi. Langsung saja simak yuk!

  • Pertama-tama buka Notepad pada komputer kamu.
  • Selanjutnya copy script di bawah ini, lalu paste pada Notepad tadi. Pada script di bawah, bagian yang diberi tanda adalah password-nya nanti, jadi silakan ubah tulisan Batampop.com sesuai password keinginan kamu.

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
"if EXIST ""Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"" goto UNLOCK"
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Anda yakin untuk mengunci Folder? (Y/N)
"set/p ""cho=>"""
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
"ren
Locker ""Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}""""attrib
+h +s ""Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"""
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Masukan Password untuk Membuka Kunci Folder
"set/p ""pass=>"""
if NOT %pass%==**batampop.com** goto FAIL
"attrib -h -s ""Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"""
"ren ""Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}""Folder Rahasia"
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End

Cara Untuk Mengunci dan Menyembunyikan File :

  • Jika sudah, klik File dan pilih Save As. Kemudian kamu akan disuruh menentukan lokasi penyimpanannya (simpan di lokasi yang mudah ditermukan). Ingat! Format file yang disimpan harus berakhiran .bat. Jadi misalnya nanti kamu simpan filenya dengan nama Locker.bat dan pastikan pada Save as type kamu pilih yang All files. Jika sudah klik Save.

masukkan deskripsi gambar disini

masukkan deskripsi gambar disini

  • Jika sudah Save, pergi ke lokasi penyimpanan file tersebut dan nanti di sana akan ada file Locker.bat. Jalankan Locker.bat tadi dan otomatis akan dibuat folder baru bernama Locker.
  • Di sana silakan copy file yang ingin kamu kunci atau sembunyikan tersebut dan paste ke dalam folder bernama Locker yang baru saja dibuat tadi.
  • Jika sudah, copy dan paste semua filenya, selanjutnya kamu double click lagi pada Locker.bat tadi dan nanti akan muncul jendela Command Prompt. Ketik Y lalu tekan Enter maka folder Locker tadi akan segera hilang. Sekarang data-data kamu di dalam folder Locker sudah aman dan tidak bisa diakses oleh orang lain.

Untuk Menampilkan Kembali File yang Dikunci Atau Disembunyikan:

  • Double click lagi pada Locker.bat tadi.
  • Nanti akan muncul jendela Command Prompt lagi dan kamu disuruh untuk memasukkan password-nya, silakan masukan password yang sudah kamu buat pada script di Notepad tadi, lalu tekan Enter.
  • Jika password yang dimasukkan benar, maka folder Locker tadi, akan segera muncul dan didalamnya sudah ada file-file penting kamu tadi.

Untuk menampilkan dan menyembunyikan file-file tadi, kuncinya ada pada file Locker.bat tersebut jadi pastikan kamu menyimpan file Locker.bat tadi dengan baik dan mudah untuk kamu akses. Jika file Locker.bat tersebut hilang atau terhapus, kamu bisa menggantinya dengan cara membuat yang baru lewat script di atas tadi.

Sekian tips dari Jaka kali ini, bagaimana pendapat kamu? Jika kamu punya saran, jangan ragu untuk komentar di kolom komentar di bawah ini. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, maka silahkan share ke teman-teman kamu ya.

 

Sumber : jalantikus.com

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Baca juga : Cara berbisnis online bagi pemula.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%