Anti Air dan Debu, Apa Perbedaan Sertifikasi IP67 dan IP68 di Smartphone?

0
152

Penjualan smartphone di Tanah air seakan tidak pernah surut. Selalu saja diluncurkan tipe smartphone terbaru dari berbagai brand. Salah satu yang selalu update diproduksi yaitu smartphone flagship.

Kebanyakan smartphone flagship keluaran baru punya fitur yang sama yaitu anti air dan anti debu dengan sertifikasi IP67 atau IP68. Tahukah kamu apa perbedaan IP67 dan IP68 pada smartphone?

Lantas, apa yang dimaksud dengan sertifikasi IP67 atau IP68 yang diklaim anti rusak saat terkena debu dan dibawa menyelam? Yuk, kita ulas arti dan perbedaan dari masing-masing sertifikasi tersebut.

Sertifikasi IP67 atau IP68 terdiri dari 3 kode, yakni IP, angka 6 dan diakhiri dengan kode angka 7 dan 8. Untuk kode IP merupakan singkatan dari International Protection yang disusun dan dibuat sesuai standar dari International Electrotechnical Commission (IEC).

Mau dapat Income sampingan, dan dapat ilmu bisnis online ? disini aja…

Selanjutnya, terdapat kode angka 6 yang merupakan penanda bahwa smartphone memiliki perlindungan penuhuntuk menahan debu.

Lalu, terdapat kode angka 7 sebagai indikator bahwa smartphone tahan air di kedalaman 1 meter selama 30 menit, sedangkan angka 8 adalah indikator bahwa smartphone tahan air di kedalaman 1,5–2 meter selama 30 menit.

Benarkah Smartphone dengan Sertifikasi IP67 dan IP68 Tahan Air?

Image result for hp anti air

Kedua sertifikasi memiliki perbedaan jarak kedalaman air. Mudahnya, smartphone dengan sertifikasi IP67 atau IP68 bisa bertahan dan tak akan terjadi kerusakan saat kamu bawa menyelam di air dengan kedalaman yang sudah ditetapkan. Termasuk saat terkena cipratan air di wastafel ataupun tidak sengaja terjatuh ke bak mandi.

Tapi, kamu perlu tahu bahwa tekanan air dan jarak kedalaman air sifatnya tidak menentu, terlebih kolam dan laut berisi zat-zat yang bisa merusak komponen hardware smartphone.

Misalnya air seni atau zat garam. Selain itu, pengujian sertifikasi pun biasanya dilakukan ketika smartphone berada di mode stand-by atau tidak digunakan sama sekali.

Untuk itu, ketika kamu ingin membawa smartphone saat berenang, pastikan bahwa semua port sudah ditutup rapat. Cek kondisi fisik casing. Bahkan jika kurang yakin, kamu bisa menggunakan case waterproof tambahan supaya lebih aman.

Nah, Itulah perbedaan IP67 dan IP68 pada smartphone masa kini. Bagaimana dengan kamu? Pernah uji coba smartphone tahan air kamu dan benar-benar tidak terjadi kerusakan? Kalau pernah, jangan lupa share di kolom komentar di bawah ini ya! Semoga bermanfaat Batampopers…

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%