Atraksi dan Tradisi Lompat Batu Maut Nias di Sumatera Utara.

0
233

“Amazing…. Wonderful! Luar Biasa….”

bisa dipungkiri bahwa atraksi lompat batu ini telah menjadi seni pertunjukkan yang fenomenal yang kehadirannya selalu dinanti dalam setiap acara bertemakan tentang Nias. Bahkan atraksi ini telah menjadi icon pulau Nias bahkan Sumatera Utara, sehingga tidak salah bila diabadikan dalam pecahan uang kertas seribu rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada tahun 1992. Bahkan beberapa perusahaan menggunakan atraksi lompat batu ini dalam iklan produknya.

Berkunjung ke Nias, tidaklah lengkap rasanya bila tidak menyaksikan atraksi lompat batu yang fenomenal ini serta berfoto bersama para pelompat berseragam prajurit khas Nias dengan latar susunan batu setinggi 215 cm di belakang kita. Pengunjung juga bisa sambil mengenakan baju adat khas Nias dengan meminjamnya dari para pelompat. Bahkan ada ungkapan yang berkata bahwa “Jangan mengaku pernah berkunjung ke Nias bila tidak menyaksikan atraksi lompat batu di Desa Bawomataluo“. Seolah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila dapat langsung menyaksikan atraksi budaya unik yang hanya terdapat di pulau Nias ini.

Atraksi lompat batu ini dapat disaksikan di desa Bawomataluo, sebuah perkampungan tradisional yang sudah berumur ratusan tahun yang terletak di atas puncak bukit yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Nias Selatan. Daerah ini dapat dijangkau selama 2,5-3 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat Kota Gunungsitoli. Untuk menyaksikan atraksi ini, pengunjung harus membayar antara Rp. 100.000-150.000 setiap kali lompatan.

Namun demikian, atraksi ini dapat disaksikan secara gratis pada saat pelaksanaan festival Bawomataluo yang biasanya diadakan pada bulan Juni setiap tahunnya atau juga pada saat penyambutan tamu penting oleh pemerintah daerah.

Sedangkan Tradisi Lompat Batu adalah salah satu tradisi yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. Tradisi ini biasanya dilakukan para pemuda dengan cara melompati tumpukan batu setinggi 215 cm dan setebal 40 cm untuk menunjukan bahwa mereka sudah pantas untuk dianggap dewasa secara fisik. Tradisi Lompat Batu ini merupakan salah satu tradisi yang cukup terkenal di Nias. Selain ditampilkan sebagai acara adat, Tradisi Lompat Batu ini juga bisa menjadi pertunjukan yang menarik, khususnya bagi para wisatawan yang datang ke sana.
Berminat Investasi :

Contact WA : 081266091715

>> Investasi 10 – 25 Jutaan Sudah Bisa Buka Cabang Dengan Sistem Profit Sharing…Garansi Lock Profit 30% untuk 3 tahun pertama, dengan perjanjian Notaris + Proteksi Kerugian.

Dikirim oleh Batam Pop pada 17 Oktober 2017

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%