Apa Dampak Pada Lambung Akibat Cemas yang Berlebihan?

0
74

Dengan banyaknya pekerjaan membuat kita lupa waktunya makan. Belum lagi dengan adanya deadline yang mengharuskan kita bekerja overtime yang pastinya akan memicu kecemasan akan waktu yang sudah mepet. Dan hal tersebut sering kita lakukan berulang-ulang kali.

Semakin sering kecemasan itu terjadi ternyata juga berpengaruh dengan gangguan lambung kita seperti meningkatnya asam lambung.

Gangguan lambung memang sering berkaitan dengan gejala cemas, gangguan lambung biasanya merupakan gangguan lambung fungsional, dalam artian tidak terdapat adanya luka di lambung atau kelainan lainnya. Masalah lambung merupakan gangguan psikosomatik yang paling sering dialami.

Stres dan kopi bisa menjadi penyebab gangguan lambung fungsional ini. Masalah ini biasanya saling timbal balik, pasien yang mengalami gangguan lambung rentan mengalami kecemasan panik jika masalah lambungnya memang sudah parah. Biasanya gejalanya asam lambung perut naik atau rasa seperti terbakar.

Jika kita makan, maka untuk mencerna makanan yang kita makan, perut kita akan diisi dengan asam lambung. Selama asam lambung itu tetap di perut dan melakukan tugasnya, tidak ada masalah. Tapi, ketika asam ini naik ke kerongkongan, kita akan mengalami gejala-gejala sakit maag. Apalagi jika asam ini termuntahkan ke kerongkongan, kita mungkin mengalami rasa terbakar di tenggorokan dan rasa yang sangat tidak menyenangkan di mulut kita.

Pengobatan gangguan lambung harus juga memperhatikan aspek biopsikososial dan kalau memang dipahami adanya gejala-gejala kecemasan yang nyata, sebaiknya berkonsultasilah ke ahli di bidang Psikosomatik.

 

Jangan Lupa Like dan Follow Fs Clinic

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%