Asman Abnur : ” Pendidikan Vokasi Negara Kita Sudah Jauh Tertinggal dari pada Negara-Negara Maju”

0
196

Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma I, diploma II, diploma III, dan diploma IV. Lulusan pendidikan vokasi mendapatkan gelar vokasi, misalnya A.Ma (Ahli Madya), A.Md (Ahli Madya).

Ilustrasi

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu maksimal dalam jenjang diploma 4 setara dengan program sarjana (strata 1). Tampaknya istilah vokasi digunakan untuk program pendidikan menggantikan istilah profesional atau profesi.

Mengenai Pendidikan Vokasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Dr. H. Asman Abnur, S.E. M.Si mengatakan, “Vokasinal sekarang dapat dorongan pemerintah, yang sekarang sudah beralih kepada pendidikan Sains yang mendominasi kepada pendidikan Vokasional. Negara maju sudah lebih dahulu dari pada kita. Pendidikan vokasinal memberikan peluang baru”. Saat ditemui di Pengukuhan Kepengurusan DPD IKA – UNAND Provinsi Kepri Periode 2017-2022 dan Workshop IT.

Dengan adanya sekolah tentang bisnis digital, transportasi digital yang akan menjadi trobosan-trobosan baru untuk bangsa yang ada di pendidikan vokasi.

 

Jangan Lupa Like dan Follow BatamPop

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%