Asuransi kesehatanSangat Penting mencakup masalah kesehatan berkaitan dengan kehamilan dan kelahiran.

0
99

Beberapa perusahaan juga memberikan tunjangan kesehatan berupa penggantian biaya persalinan bagi karyawan perempuan atau istri dari karyawan laki-laki. Namun, jika cakupan biaya tersebut dirasa kurang, seorang ibu perlu memiliki asuransi kesehatan yang dapat menutupi biaya kehamilan dan persalinan. Para ibu tinggal memilih produk yang cocok dengan premi yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa asuransi kesehatan jenis ini menyediakan perlindungan komprehensif mulai dari bayi yang masih berada dalam kandungan, biaya persalinan, risiko komplikasi ketika melahirkan, hingga risiko kematian. Beberapa bentuk komplikasi yang ditemukan pada ibu hamil di Indonesia antara lain pendarahan, eklamsia, dan infeksi. Survei tersebut juga menemukan fakta bahwa dua pertiga kematian bayi di Indonesia terjadi pada bulan pertama sejak kelahiran. Berkaca pada data ini, tentu proteksi bagi ibu hamil dan melahirkan harus menjadi prioritas Anda.

Jenis asuransi kesehatan yang mencakup biaya kelahiran juga ada banyak macamnya. Misalnya, ada asuransi yang hanya menanggung biaya sang ibu, namun tidak menanggung biaya sang bayi pasca kelahiran. Sebaliknya, ada asuransi yang menyediakan proteksi kesehatan, finansial, dan pendidikan bagi bayi sejak ia berada dalam kandungan, lahir, hingga tumbuh dewasa. Jadi, butuh kecermatan dan ketelitian Anda ketika memilih polis.

Ibu juga perlu memperhatikan bahwa bayi tidak dapat memiliki polis sendiri hingga ia mencapai batas usia tertentu. Beberapa asuransi kesehatan anak menerapkan batas usia minimal untuk peserta polis anak ialah enam bulan. Jika ibu ingin bayi di bawah usia tersebut juga mendapatkan proteksi yang memadai, maka tak ada salahnya mengikuti asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada ibu dan bayi sekaligus.

Menjadi seorang ibu memiliki risiko terkena penyakit kritis yang umum terjadi pada perempuan. “Kalau kita mau tenang, kita bisa menambahkan kepesertaan pada asuransi kesehatan yang memberi manfaat untuk penyakit kritis,” papar Tejasari. Asuransi kesehatan penyakit kritis ini memberikan perlindungan untuk penyakit terkait perempuan seperti kanker payudara, kanker serviks. diabetes, jantung, stroke, hingga osteoporosis.

Dalam memilih asuransi penyakit kritis, seorang ibu juga harus jeli membandingkan suatu produk dengan produk lainnya. Karena mungkin saja terjadi, ada dua produk asuransi penyakit kritis memberikan manfaat terhadap penyakit yang sama, namun salah satu produk memberikan manfaat sejak penyakit tersebut berstatus stadium awal, sementara produk lainnya baru menyediakan manfaat ketika penyakit tersebut mencapai stadium lanjut saja.

Ibu juga dapat mempertimbangkan jumlah penyakit kritis yang ditanggung masing-masing produk. Semakin banyak penyakit kritis yang ditanggung oleh suatu produk asuransi, umumnya premi yang dibutuhkan juga lebih tinggi karena risiko yang dipertanggungkan semakin meningkat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%