Atlet-atlet Surfing Dunia Bertanding di Open Surfing Contest 2017.

0
87

Pantai Sorake Nias, Sumatera Utara (Sumut) memang surganya bagi pecinta surfing (selancar) penjuru dunia. Pantai ini juga masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia bahkan disebut-sebut nomor 2 setelah Hawai. Jangan heran jika setiap bulan Juni-Juli, Pantai Sorake sangat ramai dikunjungi turis asing untuk berselancar karena ketinggian ombaknya bisa mencapai 10-12 meter.

Para surfer dunia berbondong-bondong datang ke Nias karena ombak di pantai Sorake sedang tinggi-tingginya. Alasan berikutnya, kegiatan ini menjanjikan total hadiah Rp 87 juta. Ditambah lagi, Pantai sorake juba merupakan surganya bagi pecinta surfing atau selancar. Pantai ini masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia bahkan disebut-sebut nomor 2 di dunia setelah Hawai.

Ombaknya pun punya 5 tingkatan sehingga peselancar dapat melakukan atraksi dengan berbagai gaya di setiap tingkatan. Bahkan peselancar bisa menaiki ombak hingga mencapai jarak sejauh 200 meter karena memiliki karakter ombak yang panjang yang jarang ditemui di belahan dunia manapun.

Pantai ini juga unik karena tidak ada pasir yang melandai. Yang ada justru batu karang yang bertebaran . Pinggiran batu-batu karang yang terluar adalah langsung berhadapan dengan laut dalam yang mempunyai kedalaman 2 sampai 3 meter.

Terpilihnya Pantai Sorake berkat kerja sama dengan pemerintah daerah melalui Disbudpora Kabupaten Nias Selatan dengan Asosiasi Peselancar Nias Selatan (APNS) dan dukungan dari Kemenpar. Kerja sama itu diyakini semakin memperkuat posisi Nias Selatan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia nantinya.

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%