Bagi orang IT, tau donk Apa Itu DNS?

0
107

Dalam dunia digital, beragam istilah pasti sudah sering kita dengar. Namun, karena teknologi selalu berkembang, maka banyak dari istilah itu masih belum dimengerti oleh sebagian besar orang.

Salah satu istilah yang biasa kita dengar dalam dunia digital adalah DNS. Apa itu DNS? DNS sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System. Apa maksudnya? Kamu baca selengkapnya di bawah ini ya.

Apa Itu DNS? Inilah Pengertian yang Harus Kamu Ketahui!

pengertian dns 1

Asal-usul DNS sendiri ada saat masa ARPANET, dimana ketika itu hanya ada beberapa komputer saja yang masuk dalam database. Jon Postel dari Information Sciences Institute meminta Paul Mockapetris untuk merancang implementasi DNS pertama pada tahun 1983 di University of California.

Setelah melewati dua tahun dan beberapa revisi dibuat pada tahun 1985 oleh Kevin Dunlap, akhirnya dilakukan porting ke mesin Windows dan alhasil, itu merupakan DNS yang paling banyak digunakan sampai sekarang. Pasti masih belum mengerti ya? Nih, Jaka kasih penjelasan di bawah!

Mau dapat Income sampingan, dan dapat ilmu bisnis online ? disini aja…

Mekanisme Kerja DNS

pengertian dns 2

Untuk memahami dasar kerja DNS, mari ambil contoh. Misalnya, jika kamu mengunjungi kerabat di beberapa hotel, maka apa yang akan kamu lakukan? Ya, yang kamu lakukan adalah kamu akan ke resepsionis dan bertanya di kamar berapa temanmu berada.

Tentunya, kamu harus memberi tahu nama teman kamu, dan resepsionis itu akan memeriksa database kemudian memberikan nomor kamar. Bahkan, resepsionis akan menelepon kamar tersebut untuk memastikan apakah temanmu ada di dalam kamar atau tidak.

pengertian dns 3

Sekarang, kita korelasikan. Dalam kasus ini, kamu itu adalah klien yang mengirimkan permintaan ke server DNS, si resepsionis. Nah, nama teman kamu itu merupakan nama domain. Kemudian, nomor kamar adalah alamat IP.

Resepsionis akan mengetik nama teman kamu itu di komputernya yang berisi database semua tamu, dan itulah yang dinamakan Domain Name Space. Jika teman kamu itu menginap, berarti dia pasti akan memberi tahu nomor kamarnya.

pengertian dns 4

Hal ini serupa apabila kamu mengetik nama di situs di browser, lalu browser mengirimkan permintaan ke server DNS. Jika nama domain website terdaftar di database dengan DNS, maka itu akan dijawab dengan alamat IP dari website yang ingin kamu akses, misalnya 117.234.214.14.

Pahami Nama Domain dan Alamat IP

pengertian dns 5

Misalnya nama domainnya adlaah www.jalantikus.com. Konvensi penamaan itu dimulai dari kanan ke kiri, kemudian untuk alamat IP baru dari kiri ke kanan. Dalam nama domain untuk Jalantikus, pertama-tama DNS akan memeriksa .COM yang mana merupakan singkatan dari domain komersial dan merupakan domain tingkat atas.

Anda pemilik usaha ( toko / jasa / kuliner dll ) dan ingin melebarkan sayap ke bisnis online / E-commerce ? klik disini

Lanjut lebih dalam, Jalantikus merupakan sub-domain untuk com, sedangkan www adalah sub-domain ke domain jalantikus. Titik (.) itu digunakan untuk memisahkan domain dari sub-domain tersebut. Nama domain yang lengkap hanya bisa terdiri dari 253 karakter.

pengertian dns 6

Apabila kamu ingin mengetahui nama domain yang terdaftar sesuai alamat IP, maka dia akan meminta ke server DNS dengan alamat IP dari website tersebut. Contohnya, alamat IP itu ialah 31.13.79.246, jadi pertama DNS akan memeriksa 31 dulu, lalu 13, kemudian 79, dan terakhir 246. Jadi, dapat disimpulkan bahwa alamt IP itu miliki www.fb.com.

Nah, DNS ini menyerupai struktur pohon hierarki, dimana alamt 31 itu berada dalam posisi teratas dan merupakan domain utama secara hierarki. Kemudian, alamat 13, 79, da 246 merupakan sub-domain yang berurutan. Angka 246 itu mengacu pada mesin hosting server dari situs www.fb.com.

Kesimpulan

pengertian dns 7

Jika dalam dunia digital tidak ada yang namanya DNS, maka tentunya itu akan semua nama domain dan alamat IP itu pasti akan berantakan. Bahkan, hasilnya bisa membuat kamu lama sekali menemukan jalantikus.com atau bahkan google.com. DNS itu sudah menyederhanakan resolusi IP, jadi ini sangat memudahkan kamu dalam mencari sebuah situs.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

 

sumber : jalantikus.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%