Bagi yang Lulus CPNS Guru Garis Depan Harus Mengabdi Minimal 10 Tahun di Daerah Penempatan.

0
59

Guru Garis Depan (GGD) harus mengabdi minimal 10 tahun di daerah penempatan pertama bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus program yang ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kendati demikian, mereka diberikan keleluasaan jika ingin pulang untuk merayakan hari besar keagamaan seperti Idulfitri dan Natal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuturkan, para guru yang akan mengajar di daerah terluar, terdepan dan tertinggi itu wajib berkomitmen untuk memenuhi ketentuan 10 tahun tersebut. Menurut dia, setelah lebih dari 10 tahun, mereka bisa mengajukan permintaan untuk pindah mengajar. “Itu (pindah tempat) soal penambahan waktu kan biasa.

Program Guru Garis Depan merupakan kebijakan afirmasi Kemendikbud berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta usulan daerah. Guru yang ditugaskan sebagai GGD merupakan guru profesional yang memiliki sertifikat pendidik dan lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG). Kemendikbud mengklaim, kualifikasi para guru tersebut juga sesuai dengan syarat yang ditetapkan dalam undang-undang serta telah melalui sejumlah proses penguatan kepribadian dan jiwa nasionalisme.

Muhadjir menuturkan, dari kuota 7.000 guru yang disediakan, yang lulus verifikasi sebanyak 6.296 guru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.897 guru sudah mengantongi Surat Keputusan CPNS dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Menurut dia, Kemendikbud sedang merancang formulasi baru untuk menindaklanjut program GGD.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%