Begini cara atasi pegal di Perjalanan saat mudik

0
133
Dite Surendra/Radar Semarang...Arus Mudik:Ratusan pemudik dengan mengendarai motor yang dimodifikasi cantelan tas belakang dengan plat Jakarta mulai memasuki Semarang di Jl Raya Ngaliyan H-6 menjelang Lebaran.

Perjalanan mudik yang panjang, belum lagi ditambah dengan macet, membuat tubuh rentan mengalami pegal-pegal. Apalagi selama perjalanan posisi kita duduk dalam waktu yang sangat lama.

Dokter spesialis olahraga, dr. Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, mengatakan rasa pegal di badan atau otot-otot tubuh terutama di otot punggung bagian bawah akan terasa apabila kita duduk selama 2-3 jam.

“Ketika duduk selama 2-3 jam dan merasakan pegal, maka usahakan setiap kurang lebih dua jam sekali melakukan peregangan,” kata Wishnu , Sabtu, 17 Juni 2017.

Gerakan yang bisa dilakukan adalah duduk tegap kemudian renggangkan punggung, atau putar badan ke kanan 90 derajat, kemudian tahan posisi tersebut selama 20-30 detik. Setelah itu, ganti posisi ke arah sebaliknya, dan ulangi sebanyak dua kali setiap gerakan.

Bagi yang melakukan perjalanan mudik menggunakan moda transportasi kereta api, bus, atau pesawat, Anda bisa mengurangi pegal dengan berdiri dan berjalan sejenak di sepanjang koridor.

“Bagi yang naik motor, bisa berhenti dahulu untuk melakukan peregangan. Gerakan peregangannya sama, setelah melakukan peregangan baru lanjutkan lagi perjalanannya,” kata Wishnu.

Gerakan peregangan pun tidak perlu rumit dan cukup dilakukan selama 5-10 menit. Lakukan setiap dua jam sekali atau ketika merasakan pegal-pegal.

 

Yuk Like FANPAGE YAMAHA BATAM CENTER buat kamu pecinta Yamaha :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%