Bendungan Sei Gong Barelang Ditargetkan Beroperasi 2018.

0
438
Proyek pengerjaan waduk Sei Gong di kelurahan Sijantung, Galang. Foto: Ist

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso ‎mengatakan, fungsi utama dari bendungan adalah untuk memenuhi kebutuhan ari baku bagi masyarakat Batam dan sekitarnya. Namun demikian, bendungan dengan biaya Rp 238,4 miliar ini juga akan difungsikan sebagai daerah konservasi sumber daya air dan pendidikan. Ini untuk menunjang kebutuhan air penduduk sekitar dan kemungkinan industri di sana beberapa tahun mendatang.

Badan Pengusahaan (BP) Batam akan segera menyelesaikan proyek pembangunan Waduk Sei Gong. Deputi IV BP Batam, Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto menegaskan tahun 2018, waduk tersebut akan selesai dibangun. Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah BP Batam, Binsar Tambunan mengatakan progres pembangunan sudah mencapai 60 persen.

Volume tampungan bendungan itu sebesar 12 juta meter kubik dengan kapasitas 400 liter per detik. Lahan pada sepanjang sungai adalah tanah gambut dan sisanya tanah biasa. Di mana nanti pengelolaan, draft perjanjian kerjasama akan ditandatangani antara Dirjen Sumber Daya Air dan Kepala BP Batam. Bendungan Sei Gong memiliki luas genangan 355,99 hektar. Dari total lahan tersebut, seluas 294 hektar masuk lahan hutan lindung dan hutan produksi terbatas.

Purnomo Andiantono, Direktur Humas dan Promosi BP Batam mengatakan, pembangunan dam di Sei Gong ini sekaligus mengamankan infrastruktur penunjang investasi di Batam. Di mana kebutuhan air dan listrik menjadi hal yang sangat penting. Di mana air bersih di Batam masih tetap tersedia untuk jangka waktu yang lebih lama.

Deputi IV BP Batam, Purba Robert Sianipar beberapa waktu lalu mengatakan bahwa BP Batam akan terus membenahi ketersediaan air dan listrik di Batam. Sebagai destinasi investasi, Batam harus memiliki air yang cukup dan listrik yang memadai.“Kalau air dan listrik bermasalah, tidak akan ada investor yang mau masuk ke Batam,” katanya.

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%