BI : Potensi Ekonomi Kepri 2018 diprediksi Tumbuh 4,2 %

0
192

Sesuai data nasional BI, ekonomi nasional menguat, hingga tumbuh 5,06 % (yoy), membaik dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 5,01 % (yoy). Penguatan ekonomi nasional ini juga ditopang kinerja ekspor yang semakin membaik, konsumsi rumah tangga yang kuat sehingga mendorong investasi yang stabil.

Untuk pertumbuhan ekonomi sumatera triwulan ke 3, kepri mengalami pertumbuhan yang sangat significant dibandingkan dengan wilayah lain di pulau Sumatera sebagaimana disampaikan dalam acara Overview, karakteristik dan potensi kepri tanggal 2 desember lalu oleh Kepala Kantor Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra.

Bila dilihat hingga desember 2017 ini, kenaikan ekonomi Kepri sudah mencapai angka 2,4 sampai 2,6 persen‎. Data ini sesuai yang disampaikan Gusti saat kegiatan tahunan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Kamis (21/12) dengan mengupas tema Memperkuat Momentum. “2018 kami memperkirakan akan ada kenaikan pertumbuhan ekonomi,” papar Gusti.

Indeks pertumbuhan ekonomi Kepri diperkirakan akan mengalami peningkatan di tahun 2018 kedepan, karena di kwaratal III 2017 ini mengalami pertumbuhan sebesar 13 %. “ Ekonomi Kepri akan tumbuh pada 2018 berkisaran 4,2 persen sampai 4,6 persen. Dengan didukung kolaborasi dan sinergi sesama instansi, disamping itu juga perbaikan harga komoditas investasi yang tinggi seperti program pembangunan pariwisata. Kami ingin Perekonomian Kepri kembali diatas pertumbuhan nasional” imbuh Gusti
Seiring dengan itu, optimisme ini perlu didukung dengan banyaknya program-program, baik dari kegiatan Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kabupaten maupun Kota, BP Batam, dan pihak lainnya yang akan dikembangkan pada 2018.

Gusti menyebut, satu di antaranya seperti event-event pariwisata, festival budaya atau karnaval yang akan digelar BP Batam dengan tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Optimisme peningkatan pertumbuhan ekonomi kepri tahun 2018 ini juga didukung dengan rencana BP Batam menjadikan Batam sebagai pusat logistik, sebagaimana arahan Menteri Perekononomian saat event Marathon yang diadakan oleh BP Batam tanggal 9 desember lalu, yang akan mendirikan warehouse. Disamping itu juga perlu pembenahan di Pelabuhan Batuampar, pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan lainnya.
Sebagaimana pemaparan, karakteristik dan potensi ekonomi kepri populasi industry di Batam, angka tertinggi masih pada kategori Medium low technology sebesar 35 %, sementara high technology hanya 17 %. Dari sisi investasi, BI juga memprediksi akan ada peningkatan pada 2018, peluang ini juga akan didukung dengan menggeliatnya industry kreatif atau telekomunikasi (jasa multimedia) seperti hadirnya kinema infinite animation studio batam.

Adapun strategi pendorong pertumbuhan ekonomi yang berorientasi pada potensi lokal adalah, pertama promosi pariwisata baik melalui website, media social, media elektronik, event pameran pariwisata. Kedua menguatkan infrastruktur melalui transport dan akses jalan hotel, dan resto, travel agent tourist info center. Ketiga Pemberdayaan masyarakat dengan pelatihan untuk meningkatkan home-made industry seperti kerajinan souvenir dan yang lainnya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%