Cara Mencegah dan Mengatasi Resiko Rabies Pada Hewan Peliharaan.

0
87

Perlu kita ketahui bersama bahwa penyakit anjing gila adalah infeksi akut yang menyerang susunan syaraf pusat disebabkan oleh kuman rabies. Dan juga merupakan penyakit yang ditularkan dari hewan kepada manusia dimana hostnya adalah anjing, kucing, kera, rakun, sigung dan kelelawar. Fenomena ini telah berlangsung sejak zaman dahulu kala (sebelum masehi). Biasanya manusia/ hewan yang mengalaminya menunjukkan perubahan perilaku yang menjadi agresif dan jahat.

Risiko terjadinya kematian akibat gigitan anjing rabies pada manusia adalah 100% jika terlambat menanganinya. Waspadai gigitan di tangan terutama ujung jari, sebab di bagian itu penyebaran virus akan lebih cepat mencapai otak.Telapak tangan terutama ujung jari merupakan pusat berkumpulnya jutaan simpul saraf, sehingga sangat mudah menghantarkan virus rabies langsung menuju otak. Begitu mencapai otak, penyebaran virus tidak mungkin lagi dihentikan dan biasanya berakhir dengan kematian. Jika terjadi gigitan di tangan, usahakan secepat mungkin untuk mendapatkan vaksin anti rabies di klinik/rumah sakit.

Kondisinya berbeda dengan gigitan pada betis, lengan atau bagian lain yang berotot. Di jaringan otot, virus rabies biasanya tidak langsung menyebar melainkan menggandakan diri terlebih dahulu sehingga butuh waktu lebih lama sebelum menyerang simpul saraf.

Untuk mencegah dan mengatasi penyakit rabies pada setiap binatang yang hanya mengkonsumsi daging sebagai bahan makanannya beresiko mengalami simbiosis dengan bakteri. Kuman yang bermetabolisme biasanya mensekresi senyawa tertentu dari hasil pemecahan molekul kompleks. Senyawa ini juga difungsikan sebagai alat untuk melindungi dirinya dari serangan pemangsa.

Bagi anda untuk mengantisipasi keadaan ini. Jangan hanya memberi daging kepada hewan peliharaan anda. Ada baiknya jika turut memberikan makanan dari tumbuhan kepada mereka. Atau jika memang peliharaan tersebut tidak mau/ enggan mengkonsumsi buah & sayur maka tambahkanlah garam secukupnya pada makanannya. Tidak hanya itu, NaCl juga berperan untuk menambah nafsu makan dan menjauhkannya dari berbagai macam penyakit.

Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%