Cara mengatasi sifat pemalu dan minder yang berlebihan

0
76

Banyak orang di dunia ini yang potensinya tidak dapat tergali hanya karena sifat pemalu dan minder yang berlebihan. Memilik sifat pemalu tidaklah salah asalkan sesuai pada tempatnya. Misalnya saat kamu malu untuk mengambil yang bukan milikmu, malu berbohong, malu jika tidak hidup bersih dan sebagainya. Tetapi banyak juga orang yang salah dalam menempatkan rasa malu dan minder seperti misalnya mereka merasa malu untuk bertanya pada seseorang saat tidak bisa menguasai suatu pelajaran, saat tidak mengerti cara mengerjakan sesuatu, dan malu atau minder untuk bersosialisasi. Perasaan malu dan minder yang berlebihan sangat berdampak besar bagi masa depan seseorang, karena sifat pemalu dan minder yang berlebihan dapat membuat krisis percaya diri dan menghambat potensi sukses.

Mau belajar bisnis online dengan cepat dan tepat, disini tempatnya…

Sifat malu dan minder bisa membuat rasa parcaya diri menjadi berkurang, sehingga orang tersebut akan menjadi lemah mental. Merasa tidak mampu seperti yang lainnya, menjadi tertutup dalam pergaulan dan menjadi malu untuk mengungkapkan pendapat atau aspirasinya. Padahal mungkin dia lebih berpotensi dibanding yang lainnya, tetapi potensinya tidak terlihat karena sifat pemalunya. Jika dibiarkan hal ini bisa menghambat kesuksesan seseorang. Sifat malu yang berlebihan dan rasa minder ini dapat diatasi jika ada kemauan dari orang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sifat pemalu dan rasa minder yang berlebihan :

1. Hargailah dirimu sendiri.

Jika bukan dirimu sendiri yang memberi penghargaan terhadap hal baik dan prestasi yang telah kamu lakukan, lalu bagaimana orang lain akan menghargai dan menganggap keberadaan dirimu. Hargailah dirimu dengan menganggap bahwa dirimu penuh dengan kelebihan, kamu juga bisa melakukan sesuatu hal baik seperti apa yang orang lain lakukan. Perasaan berharga ini akan sangat berpengaruh terhadap apa yang akan kamu ucapkan, pikirkan dan lakukan.

2.Terimalah diri kita apa adanya.

Setiap dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak perlu melihat kelebihan orang lain yang kemudian membuat kita merasa minder. Fokus saja dengan kelebihan yang kita miliki, kembangkan kelebihan itu. Perbaiki kekurangan kita dan kelebihan itupun dapat menutupi kekurangan kita

3. Selalu berfikir positif terhadap orang lain.

Jika kita membiasakan diri berfikir positif terhadap orang lain maka kita akan menjadi orang yang memiliki pergaulan yang luas, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dalam bergaul.

4. Jangan menjadi minder karena dihantui dengan kegagalan-kegagalan yang pernah dialami.

Jadikan setiap kegagalan menjadi cambuk keberhasilan dan sebagai pelajaran agar yang selanjutnya menjadi lebih baik.

5. Terimalah dirimu dan kembangkan bakatmu.

Terimalah setiap apa yang ada pada dirimu karena setiap orang akan memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Terimalah apa yang menjadi kelebihanmu yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Jangan malu untuk memunculkan kelebihanmu dan mengembangkannya karena mungkin potensi suksesmu ada pada itu. Menerima kelebihan pada diri sendiri dan mengembangkannya dapat mengatasi rasa mindermu bahwa kamu juga memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan.

6. Jangan selalu bergantung dengan orang lain, kamu harus percaya diri.

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri saat melakukan sesuatu sendiri. Sehingga jika tidak ada teman-temannya dia merasa tidak merasa percaya diri dan tidak mampu, hal ini akan membuat seseorang menjadi sangat bergantung dengan orang lain. Rasa percaya diri akan menjadi pupus saat kamu berfikir bahwa kamu tidak akan bisa melakukannya sendiri. Buang jauh-jauh fikiran tersebut karena jika teman-temanmu sudah menghilang dan kamu sendiri kamu akan merasa tidak memiliki potensi apa-apa. Belajarlah untuk mandiri dan tidak selalu bergantung dengan orang lain. Gantungkan mimpi-mimpimu pada dirimu sendiri.

7. Bentuklah visi dan misi dalam hidupmu.

Hidup tidak akan terarah jika hanya dijalani begitu saja. Dalam hidup seseorang harus memebentuk visi yang merupakan tujuan hidupnya dan misi yang merupakan langkah-langkah yang nyata untuk mencapai visi tersebut. Dengan adanya visi dan misi dalam hidup,maka hidup akan lebih terarah dan tidak akan ada perasaan minder dan malu karena visi dan misi hidupmu sudah jelas, sehingga kamu akan melangkah dengan percaya diri.

8. Jangan mencoba lari dari masalah, hadapi setiap masalah yang ada dengan rasa percaya diri.

Jika kita terbiasa menghadapi masalah dengan menghindarinya, maka kita akan menjadi orang yang selalu menutup diri, penakut dan merasa tidak percaya diri. Setiap masalah yang kamu hadapi harus kamu selesaikan dengan berani karena jika kamu terbiasa menyelesaikan masalah dalam hidupmu, kamu sudah terbiasa memiliki pola fikir logis dalam otakmu. Sehingga semua itu akan menjadi sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk masalah-masalah yang akan datang. Kamupun akan lebih percaya diri dalam menghadapi kehidupan ini.

9. Berfikirlah positif dengan dirimu sendiri.

Jangan selalu menyalahkan dirimu atas setiap kegagalan atau kekurangan yang kamu miliki. Anggaplah semua sebagai tantangan agar dirimu menjadi lebih baik lagi. Berfikir positif terhadap diri sendiri dapat membuka fikiran sehingga mudah untuk menciptakan ide-ide baru.

10. Menghadapi rasa takut dengan keberanian.

Hal-hal yang kamu takutkan harus mampu kamu taklukkan. Jika kamu terbiasa percaya diri dalam mengahadapi ketakutanmu, maka untuk hal-hal yang lainnya dalam hidupmu kamupun akan percaya diri dalam menghadapinya.

11. Beranikan diri untuk selalu bersosialisasi dilingkungan yang baik.

Jangan malu untuk bersosialisasi dilingkungan yang kamu angap baik untuk meningkatkan potensimu. Kamu harus membiasakan diri bergaul dengan orang-orang yang percaya diri dan selalu optimis karena hal itu dapat menular pada dirimu.

12. Jangan malu untuk memulai berbicara dengan orang lain.

Misalnya saat kita tidak bisa belajar dan ingin minta ajari teman tetapi kita merasa teman kita pasti tidak mau mengajari kita tanpa kita bertanya terlebih dahulu kepadanya. Buang jauh-jauh fikiran tersebut, jika kamu malu untuk minta diajari sesuatu maka kamu akan terus berjalan ditempat. Saat kamu sudah belajar dan kamu mampu, maka kamu tidak lagi pemalu dan lebih percaya diri.

13. Jangan menutup diri dengan pengalaman dan tantangan baru.

Saat ada kesempatan untuk belajar dan mencoba sesuatu yang baru, janganlah menolaknya hanya karena kamu merasa minder dan malu karena merasa tidak bisa, padahal kamu belum mencobanya. Tantangan dan pengalaman baru akan memberimu pengetahuan baru.  Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang kamu miliki, maka kamu akan semakin percaya diri dengan kemampuanmu.

14. Mendekatkan diri dengan Tuhan.

Kedekatan diri dengan Tuhan merupakan sumber kepercayaan diri bagi kebanyakan orang untuk meraih suksesnya. Dengan mendekatkan diri kepada Tuhan, apapun yang kita lakukan akan lebih percaya diri karena merasa bahwa Tuhan yang akan selalu membantu langkah kita.

Belajar bisnis online yuk !!!

 15. Hindari pergaulan buruk yang bisa merusak kepercayaan dirimu.

Pergaulan yang bersifat menindas salah satu temannya akan mengancam rasa percaya dirimu terutama jika kamulah yang ditindas. Dalam sebuah pergaulan, selalu ada yang merasa ingin menjadi yang terkuat sehingga dia akan menindas golongan yang dianggapnya lemah. Hindarilah pergaulan yang semacam ini terlebih jika dirimulah yang menjadi korban penindasan ini karena dapat merusak rasa percaya diri.

Dengan melakukan beberapa hal ini akan membantumu mengatasi  rasa malu dan minder yang berlebihan, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirimu, mengembangkan potensimu dan membuatmu menjadi lebih sukses.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%