Dengan Gaji Yang Pas-pasan Juga Bisa Kok Beli Rumah, Begini Caranya !

0
110
Semua orang pastinya ingin memiliki rumah sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Ya, rumah adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik. Bahkan bagi sebagian orang, punya rumah jadi hal yang tak mungkin karena gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan.

Inilah salah satu faktor utama orang tak memiliki rumah setelah terbatasnya lahan hunian di perkotaan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai tempat tinggal.

Nah, kalau kamu ingin punya rumah tapi dengan gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati dulu! Kamu bisa beli rumah idaman meski gajimu 3 juta.
Kamu bisa coba terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas-pasan untuk memiliki hunian berikut ini.

1. Perencanaan Keuangan

Keuangan

Keuangan (Foto: Pixabaya)

Inilah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Melakukan perencanaan keuangan sangatlah penting agar impian untuk memiliki rumah segera terwujud. Catat semua pengeluaran dalam satu bulan, dan kamu akan tahu berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan. Meski jumlahnya tidak akan mutlak, tapi biaya ini bisa dijadikan patokan.
Setelah tahu jumlahnya, kamu perlu membagi gaji setiap bulannya. Bedakan antara pengeluaran, tabungan, dan juga uang Down Payment (DP). Kamu bisa menyimpan sepertiga gaji untuk menabung DP rumah.

2. Pilih KPR yang Tepat

Ilustrasi rumah dan properti

Ilustrasi rumah dan properti (Foto: thinkstock)

 
Sekarang banyak bank yang menawarkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Program cicilan yang diberikan juga berbeda-beda tergantung bank penyedia. Saat mengikuti KPR, pastikan pilih bank yang menawarkan program cicilan 10 sampai 15 tahun dan bunganya rendah. Hal ini supaya kamu mudah melunasi cicilan dan tidak merasa terbebani ketika membayarnya.

3. Latihan Mencicil

Ilustrasi Kartu Kredit

Ilustrasi Kartu Kredit (Foto: picserver)

Tips ketiga adalah latihan mencicil. Kalau kamu bukan termasuk orang yang suka menyicil barang, maka perlu berlatih jika berniat untuk membeli sebuah rumah. Rasakan apakah cicilan ini menambah beban setiap bulan atau malah justru meringankan.
Kalau cicilan dirasa menambah beban, jadi kamu gak perlu buru-buru mencicil rumah. Tapi kalau sebaliknya sama sekali tidak membebankan, ini berarti kamu sudah siap membeli rumah dengan cara dicicil.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Kerja sambil liburan

Kerja sambil liburan (Foto: Thinkstocks)

Kalau gaji kamu dirasa belum mencukupi dan membuat diri sulit menggapai apa yang sudah jadi impian, saatnya kamu cari penghasilan tambahan! Misalnya, usaha online yang sekarang sedang tren. Tapi, pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan kemampuan ekonomi agar tidak memberatkan diri saat menjalankannya.
Jadi, sudah siap memiliki hunian? Kalau kamu sudah memiliki tabungan setidaknya 20% dari harga rumah, itu tandanya kamu sudah siap untuk ikut program KPR. Ayo ajukan sekarang sebelum harga rumah melambung tinggi dan dapatkan rumah impianmu!

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%