Di Targetkan Bahwa Rumah Liar di Kota Batam Akan Tetap Ditata di Setiap Tahun.

0
62
Deretan rumah liar yang berdiri dikawasan tak resmi ini di Batam centre semakin padat. Foto diambil Kamis (14/1) f Wijaya Satria/Batam Pos.

Penggusuran di kawasan-kawasan ruli di Batam memang sudah sering kita dengar, lihat, dan baca. Betapa tak berdayanya warga karena dari kaca mata hukum memang lemah. Padahal sebagai warga negara, rakyat kecil berhak memperoleh perumahan yang layak. Bahkan menjadi kewajiban pemerintah untuk menyediakan tempat tinggal yang memenuhi syarat kesehatan tanpa memandang klasifikasi ekonominya.

Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertamanan akan melakukan penataan terhadap keberadaan rumah liar (ruli) di Batam 2017. Kegiatan itu termasuk dalam program kegiatan dinas baru sesuai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 dan diperkuat lagi dengan Perda Kota Batam tahun 2016 terkait OPD baru.

Pihaknya tak sendirian, tetapi juga bekerjasama dengan camat, lurah dan perangkat RT/RW setempat. Ini pendataan pertama kali untuk rumah liar. Kalau sebelumnya pendataan rumah yang ada di kawasan kumuh. Itu beda. Rumah di kawasan kumuh diawali dengan legalitas lahannya. Kalau ruli memang tidak ada legalitas.

Setelah didata, selanjutnya Pemko Batam bekerjasama dengan developer akan membangun beberapa pilihan hunian yang lebih layak. Jika pembangunan rumah susun terus digencarkan, suatu saat akan menjadi kebutuhan, khususnya bagi para pekerja informal, warga berpendapatan tidak tetap, warga miskin, serta komunitas-komunitas marginal lainnya. Syaratnya, semua pihak harus bersedia mendukung kebijakan tersebut.
Berminat Investasi :

Contact WA : 081266091715

>> Investasi 10 – 25 Jutaan Sudah Bisa Buka Cabang Dengan Sistem Profit Sharing…Garansi Lock Profit 30% untuk 3 tahun pertama, dengan perjanjian Notaris + Proteksi Kerugian.

Dikirim oleh Batam Pop pada 17 Oktober 2017

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here