Dinas Perhubungan (Dishub) Akan Menguji Coba konsep e-ticketing pada Akhir Tahun 2017

0
66
Suci, pelajar SMK di Batuaji bersama temannya saat menumpang Bus Trans Batam. Foto: Eusebius Sara/ Batam Pos

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam berencana menerapkan konsep e-ticketing pada tahun 2017. Semua ini dilakukan untuk semakin memudahkan masyarakat menggunakan jasa bus Trans Batam. Dengan konsep ini, tingkat kebocoran rendah, data penjualan real time dan mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) walau biaya dan perawatannya mahal.

“Kita mau buat seperti itu. Jadi penumpang naik bus, lalu tap kartu ke mesin reader yang kita pasang di bus. Kita siapkan alatnya di 64 bus,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri, di Batam Centre.

Sistem pembayaran tiket dengan kartu ini sebagai bentuk dukungan terhadap program transaksi non tunai pemerintah. Rencananya mulai diterapkan pada 1 Januari 2018 mendatang.

“Akhir Desember kita ujicoba. Saat ini kita sedang mempersiapkan peralatan pendukungnya,” kata dia.

Dalam pelaksanaannya nanti, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Bank BRI untuk penyediaan kartu e-money. Targetnya 5.000 e-money BRI akan dimanfaatkan untuk pengguna bus Trans Batam. Namun tahap pertama akan disediakan sebanyak 1.500 kartu.

“Nanti kalau kurang ditambah, 100, 200 sesuai permintaan. Kartu bisa didapatkan di halte atau shelter besar seperti Batam Centre, Sekupang. Cukup bayar Rp 10 ribu untuk pencetakan kartunya. Pengisian saldonya bisa di halte, kantor BRI, bisa juga secara online dari rekening. Melalui mesin di petugas Trans juga bisa dilakukan top up. Kartunya tidak hanya untuk Trans Batam, tapi merchant lain yang bekerjasama dengan BRI juga,” papar Yusfa.

Bank BRI dipilih karenasebelumnya sudah ada kerjasama yang dirintis. Dan sejauh ini BRI yang dirasa paling siap. Namun tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan bank lain yang berminat.

Saat ini, kata Yusfa, bus Trans Batam melayani empat ribuan penumpang per harinya. Dan pendapatan daerah dari Trans Batam mencapai Rp 7 miliar. Harga tiket untuk penumpang umum Rp 4.000 sekali jalan. Harga tersebut masih mendapat subsidi dari pemerintah.

 

Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%