Drama sepanjang Gangga dan Cagayan

0
129

Stasiun televisi lokal mulai beranjak dari dominasi sinetron lokal. Mereka melirik alternatif berupa serial drama dari India dan Filipina.

Sebelumnya juga ramai tayangan serupa dari Amerika Latin dan Turki. Ada kebutuhan penonton yang belum sepenuhnya dipenuhi stasiun televisi.

ANTV mengepung penonton dengan serial India, sementara MNCTV mencoba mengimbanginya dengan tayangan dari Filipina.

ANTV setidaknya menyuguhkan enam serial India atau berbau India, yakni Anandhi, Lonceng Cinta, Gopi, Geet, Mohabbatein, dan Paakhi.

Mulai pukul 13.00 sampai pukul 21.00, pemirsa tinggal menyesuaikan dengan waktu kosong masing-masing untuk menonton serial tersebut.

Vice President Director ANTV Otis Hahijary mengungkapkan, pemilihan acara-acara India itu melalui pembacaan yang serius.

Mereka melihat konsumsi industri televisi terlalu berlebihan pada informasi dan berita, masing-masing berlebih 4,4 persen hingga 7,3 persen.

Adapun pada acara sejenis serial malah kekurangan hingga 8,5 persen. Artinya, kebutuhan penonton lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah acara serial yang dibutuhkan.

Itu data pada tahun 2013. Sejak saat itu, mereka menawarkan tayangan-tayangan serial dari India, bahkan Iran.

Lalu sekarang India atau campuran Indonesia-India. Strategi itu untuk mempertahankan penonton, mempertahankan iklan.

Mereka tidak hanya membeli serial dari India dan sekadar menayangkannya, tetapi membangun kesadaran penonton dengan berbagai strategi, seperti jumpa artis India atau bahkan menggelar kompetisi berhadiah liburan ke India.

“Setelah serial Mahabharat selesai, kami membuat sinetron Cinta di Langit Taj Mahal. Saat ini kami sedang shooting di Nepal dengan artis India dan artis Indonesia untuk serial baru,” kata Otis.

Cinta di Langit Taj Mahal melibatkan artis India pemeran utama Mahabharat, Shaheer Sheikh, juga artis Indonesia, seperti Nabila Syakieb dan Evan Sanders.

Respons pemirsa luar biasa. Acara-acara itu mendapat rating dan share tinggi. Gopi mendapat rating 3 dengan share 19,2 persen penonton.

Bahkan, Anandhi memiliki rating lebih tinggi dengan poin 3,1, sementara share penontonnya 22,5 persen.

Tayangan-tayangan India ini ikut mendongkrak rating ANTV secara umum. Itulah alasan mereka mempertahankan program serupa.

“Serial TV yang paling saya suka Anandhi. Saya nonton mulai Anandhi kecil sampai sekarang,” kata instruktur senam Luluk Sahyurohana (40), yang menyukai film India sejak sekolah dasar.

Dia menyukai lagu-lagunya, pakaiannya, drama romantisnya, hingga tampang aktris dan aktornya yang menurut dia ganteng dan cantik.

Alasan serupa diutarakan oleh Marla (33). Dia bahkan mengoleksi film-film India lama. Pada malam hari, dia selalu meluangkan waktu untuk menonton serial India. Jangan lupa share ya..

 

Sumber : Kompas.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%