Faktanya Batu Bukit Kelam di Sintang, Kalimantan Barat Lebih Besar daripada Ayers Rock di Australia

0
103

Di kota Sintang, Kalimantan Barat, terdapat sebongkah batu raksasa monolit sehingga sering disebut sebagai batu terbesar di dunia yang berpotensi dapat dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata yang unik. Sebagai sebongkah batu raksasa, Bukit Kelam menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Selain terdapat air terjun yang airnya dimanfaatkan penduduk setempat untuk mengairi sawah,  beragam flora dan fauna bisa ditemukan disini seperti kantong semar, anggrek hitam, dan ribuan keleawar gua.

Bukit Batu yang memiliki ketinggian 1002 meter ini membuka diri bagi para pencinta alam untuk mendaki ke puncaknya. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mencapai puncak Bukit Kelam, yaitu melalui rangkaian tangga besi yang berada di sisi barat bukit atau bagi yang hobi panjat tebing silahkan mencoba menu tebing batu yang berdiri tegak hampir 90 derajat di sebelah selatan.

Meskipun sering diklaim sebagai batu terbesar di dunia, Bukit Kelam jelas kalah terkenal dengan sejawatnya yang terletak di Benua Australia yaitu Ayers Rock.  Meskipun dimensi Ayers Rock sedikit lebih kecil (ketinggian 863 m) dari bukit kelam, namun dunia justru lebih mengenal Ayers Rock sebagai batu monolit yang terbesar di dunia.

Dapat dipahami bahwa Bukit Kelam belum dikemas dengan baik sebagai daerah tujuan wisata, bahkan nyaris bernasib ‘Kelam’ seperti namanya. Semoga ke depannya Bukit Kelam dapat dikelola dengan baik dan layak dijadikan tempat yang tidak boleh dilewatkan jika hendak berkunjung ke Kalimantan Barat.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%