Faktor Penyebab Janin Tidak Berkembang.

0
131

Banyak hal dapat menjadi faktor penyebab janin di dalam kandungan anda tidak berkembang, baik karena masalah genetik bawaan pada sang janin maupun disebabkan oleh penyakit yang menyerang sang ibu saat hamil. Dalam dunia kedokteran janin yang tidak berkembang dinilai melalui sejumlah pemeriksaan yang dilakukan selama kehamilan. Kondisi janin yang tidak berkembang hampir selalu tidak dapat dipertahankan dan berujung dengan keguguran.

Janin tidak berkembang merupakan salah satu masalah dalam kehamilan usia muda yang belum banyak disadari oleh pasangan suami istri. Kondisi janin tidak berkembang sebenarnya dapat dideteksi melalui sejumlah pemeriksaan seperti USG, hanya saja pemeriksaan USG belum tersebar merata di seluruh pelosok negeri. Penyebab janin tidak berkembang pertama yang akan kita bahas adalah blighted ovum atau yang dikenal dengan istilah kehamilan kosong.

Blighted ovum merupakan suatu kondisi kehamilan dimana tidak ada perkembangan embrio setelah proses pembuahan yang terjadi didalam tubuh ibu dan hanya menyisakan kantung janin saja. Penyebab janin tidak berkembang dalam hubungannya dengan kondisi blighted ovum ini merupakan masalah genetik yang secara tidak langsung adalah tanggung jawab orang tua.

Kualitas sel telur dan juga sperma yang buruk menjadi salah satu alasan gangguan ini dan untuk itu sebagai calon orang tua, anda perlu menjaga asupan nutrisi dan kebugaran dengan tidak mengkonsumsi alkohol atau rokok. Blighted ovum sendiri sebenarnya dapat dideteksi saat anda memeriksakan kehamilan dengan menggunakan USG. Kondisi blighted ovum dapat menyebabkan seorang wanita hamil mengalami perdarahan disertai rasa sakit serta kram pada daerah rahim.

Jika anda mengalami hal ini tidak perlu panik, segera cari pertolongan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Tindakan utama yang akan dilakukan untuk mengatasi kondisi perdarahan yang disebabkan oleh blighted ovum adalah kuretase oleh dokter spesialis kandungan.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%