Fungsi Otak Manusia yang Berperan Penting Untuk Tubuh Kita

0
103

Otak manusia adalah sistem pusat pengaturan yang mempunyai volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan koordinasi gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran.

Otak kita mempunyai berat hanya 2% dari berat badan orang dewasa, yaitu sekitar 1 kg. Walaupun demikian, otak adalah organ yang paling canggih, kompleks, dan luar biasa dari pada organ tubuh lainnya. Otak mengendalikan segala sesuatu yang kita lihat, katakan, rasakan, dan lakukan. Ya, otak memang sebagai organ terpenting manusia. Otak tidak hanya berfungsi untuk berpikir, tetapi juga menjadi pusat dari segala aktivitas tubuh manusia, mulai dari adanya stimulus, pemrosesan, hingga rangsangan atau timbal balik yang diberikan oleh tubuh.

otak manusia, peran manusia , fungsi otak, otak,

Bagi tubuh manusia, otak ibarat seorang konduktor orkestra. Hal itu dikarenakan otak merupakan pengolah informasi yang diperoleh indra, yang selanjutnya diubah menjadi rasa dan tindakan. Otak juga bertugas dalam mengatur proses kognitif, seperti menghafal, berpikir, belajar, dsb. Sehingga, tanpa keberadaan otak, manusia tidak akan mampu tumbuh dengan baik dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan.

Otak manusia juga ibarat sebuah perangkat lunak (software) yang siap memproses segala sesuatu yang diterima oleh alat-alat indra, yang kemudian diinterpretasikan. Organ ini pun termasuk bagian dari sistem saraf pusat yang berperan sebagai koordiator atau pusat pengendali dalam tubuh. Sistem saraf pusat yang terdapat pada otak berperan penting dalam menentukan respons seseorang terhadap stimulus dan rangsangan yang diterimanya dari lingkungan.

Otak yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia tidak pernah berhenti atau beristirahat sedetik pun. Otak selalu bekerja sepanjang hari secara terus-menerus tanpa henti, bahkan ketika sedang tidur sekalipun.

Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, Anda masih bisa bertahan hidup. Namun, jika otak Anda berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh Anda akan mati. Itulah sebabnya, otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ tubuh manusia.

 

Jangan Lupa Like dan Follow Fs clinic

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%