Gerakan Taman Baca Untuk Cerdaskan Anak Bangsa

0
51

Muhammad Nurul bersama rekan sekerjanya Khairulnisa, Nuril semangat mengumpulkan buku-buku bekas. Buku bekas yang dikumpulkan bukan semata pemberian teman-temannya di Indonesia, tapi beberapa diantaranya adalah sumbangan dari warga negara Singapura. Bagaimana bisa? karena gerakan taman baca dengan melakukan donasi buku bekas juga disebar atau diposting melalui facebook.

 

Tapi, usaha tetap dilakukan dengan terus melakukan donasi melalui facebook dan cara ampuh adalah menyampaikan dari mulut ke mulut ke teman-temannya.Walhasil, beberapa bulan lalu, bukunya bertambah. Bahkan dari dua orang, jumlah relawan yang bergerak di gerakan taman baca dengan melakukan donasi buku bekas semakin bertambah.

Awalnya mereka memberanikan diri melakukan kegiatan perdana gerakan taman baca dengan buku seadanya di taman cinta di kawasan industri Bintan Lobam dekat pelabuhan internasional Sri Udaya, Lobam.

 

Di taman ini, relawan menceritakan kisah dongeng diantaranya dongeng yang terkenal si kancing dan kisah lainnya. Ke depan, ia mengatakan, gerakan taman baca melalui kelas inspirasi juga akan dilakukan di beberapa kampung yang sulit terjangkau seperti Kelong, Tambelan, Selat Bintan dan Sungai Lepan.

Tak hanya itu, ia juga berharap, pemerintah tidak semata fokus mengembangkan sektor pariwisata, tapi pendidikan juga bisa dieksplore sebagai wisata pendidikan. Misalnya, setelah dibuat taman baca yang unik dan menarik, anak-anak kampung diminta untuk menuliskan kisah budaya di kampungnya dan nantinya akan dibukukan.

Jadi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang datang berlibur ke Bintan bisa diarahkan mengunjungi taman-taman baca. Wisatawan juga bisa diarahkan membaca tulisan karya anak-anak kampung tentang budaya dan kesenian di masing-masing daerah di Bintan.

 

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

WhatsApp : Idy 081266091715

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%