Gimana ya trik supaya hemat kuota dan baterai??

0
87

1. Instagram

Aplikasi Instagram ternyata mengonsumi data sebanyak 44.81 KB/min, belum lagi masalah tersebut juga masih bertambah dengan fitur preloading video dan gambar. Jadi bagi kamu pengguna Instagram, mungkin saja penyebab kuota kamu boros adalah fitur preloading tersebut. Jadi bagaimana mematikan fitur tersebut? Begini caranya.

  • Buka aplikasi Instagram, masuk ke halaman profile dan pilih setting.
  • Tap ‘cellular data use’.
  • Tap ke bawah untuk mengaktifkan fitur ‘use less data’.
  • Selesai.

masukkan deskripsi gambar disini

2. Facebook

Aplikasi Facebook mengonsumsi data sebanyak 3.63 KB/min di belakang layar. Fitur lain yang turut berperan menguras kuota data adalah fitur autoplay video. Oleh karena itu, fitur tersebut harus dimatikan. Berikut caranya.

  • Masuk aplikasi Facebook.
  • Tap tombol ‘triple-line’ yang terletak di sudut kanan, kemudian tap pilihan ‘setting’.
  • Tap ‘autoplay’ dan pilih fitur ‘on WiFi connection only’ dan ‘never autoplay videos’.
  • Selesai.

masukkan deskripsi gambar disini

3. Twitter

Twitter sebagai aplikasi yang banyak digunakan di Indonesia ternyata juga masuk ke dalam aplikasi yang banyak menguras kuota data. Twitter dibelakang layar mengkonsumsi data sebanyak 1.01 KB/min. Fitur yang harus dimatikan dari aplikasi ini adalah fitur auto playing videos. Berikut caranya.

  • Masuk ke aplikasi Twitter.
  • Tap tombol ‘Me’ di sudut kanan.
  • Tap ikon gear di atas halaman profile, kemudian pilih ‘setting’.
  • Tap ‘data usage’. Kemudian tap ‘video autoplay’ atau ‘high quality video’, pilih pilihan ‘WiFi only’ atau ‘never’.
  • Selesai.

masukkan deskripsi gambar disini

4. Snapchat

Aplikasi untuk berbagi foto ini setiap harinya diakses oleh ribuan pengguna. Wajar saja jika aplikasi ini juga banyak mengonsumsi kuota data internet. Di belakang layar, aplikasi ini mengonsumsi data sebesar 8 KB/min. Maka dari itu, ada fitur yang harus kita matikan dari aplikasi Snapchat yaitu fitur travel mode dan location. Berikut caranya.

  • Buka aplikasi snapchat, gulir ke bawah dan masuk ke halaman layar profile.
  • Di sudut kanan atas, tap ikon gear.
  • Gulir ke bawah, dan tap ‘manage’ untuk mengaktifkan fitur travel mode.
  • Kemudian uncheck fitur ‘location’.
  • Selesai.

masukkan deskripsi gambar disini

Cara lain menghemat penggunaan kuota data menggunakan aplikasi Android

Selain cara di atas kita juga dapat melakukan cara lain untuk menghemat penggunaan kuota data internet. Cara ini terbilang efektif karena menggunakan layanan aplikasi yang khusus untuk mengatasi permasalahan penggunaan kuota data. Apa saja aplikasi tersebut? Simak uraian berikut ini.

1. Opera Max

Opera Max adalah aplikasi berbasis VPN yang digunakan untuk mengurangi penggunaan kuota data hingga mencapai 50 persen. Sambungan koneksi yang dilakukan aplikasi ini menggunakan Opera server sehingga saat koneksi dibuat, data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum di-download ke dalam perangkat ponsel. Aplikasi Opera Max selain mengontrol penggunaan mobile dan WiFi, juga dapat mengontrol aplikasi yang lain seperti aplikasi YouTube dan aplikasi sosial media yang lain.

2. NetGuard

Aplikasi NetGuard adalah aplikasi data saver yang dapat mengurangi konsumsi penggunaan data internet secara berlebihan. cara kerja aplikasi ini adalah membatasi setiap aplikasi yang ingin menggunakan koneksi data internet. Tanpa aplikasi NetGuard, kita juga dapat melakukan pembatasan penggunaan internet pada tiap-tiap aplikasi. Caranya untuk Android versi Nougat dengan masuk ke menu ‘setting > Data Usage > Data Saver’. Sedangkan untuk Android versi yang lama, yaitu masuk ke menu ‘setting > Apps’, pilih aplikasi yang diinginkan, kemudian pilih ‘Data Usage > Restrict app background data’. Selesai.

Kedua cara di atas hanya bekerja dengan mencegah penggunaan data tiap aplikasi pada latar belakang perangkat dan membatasi penggunaan data seluler. Pilihan yang paling efektif adalah menggunakan aplikasi NetGuard. Dengan aplikasi tersebut kita akan diberikan akses kendali penuh untuk mengatur aplikasi tertentu agar dapat mengakses internet dan selain itu kita akan diberikan fitur firewall yang dapat mengamankan perangkat dari virus dan malware.

3. My Data Manager

Aplikasi ini digunakan untuk mengawasi penggunaan data internet pada perangkat Android kita. Dengan aplikasi My Data Manager, kita dapat melihat aplikasi mana saja yang saat ini menggunakan data, dan seberapa banyak kuota data yang telah digunakan. Jadi secara real-time kita akan diberi tahu penggunaan kuota data dan kita akan diberi tahu apabila terdapat penggunaan data dalam jumlah yang tidak wajar.

Selain mengawasi penggunaan data, aplikasi ini juga akan mengawasi penggunaan data Roaming yang biasanya biayanya relatif mahal. Jadi, bisa disimpulkan aplikasi ini sangat berguna untuk memberitahukan penggunaan data yang telah kita habiskan sepanjang hari.

Itulah informasi mengenai cara tepat menggunakan aplikasi sosial media supaya tidak boros kuota dan daya baterai. Apakah kamu punya trik dan tips lain untuk menghemat kuota data di Android? Silakan bagikan di kolom komentar di bawah ya. Semoga bermanfaat.

Sumber : jalantikus.com

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Baca juga : Cara berbisnis online bagi pemula.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%