Indahnya Indonesia, Vihara hingga Klenteng Sediakan Buka Puasa Gratis Selama Ramadan

0
300

Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Musilm. Sebuah momen untuk memperbaiki diri dan berbagi. Di saat itu juga ada pemandangan keren yang akan membuatmu bangga bisa tinggal di negara yang warganya hidup rukun meski berbeda keyakinan. Seperti yang terjadi di vihara,  kelenteng dan gereja berikut ini, jemaatnya rutin membagikan takjil menjelang waktu buka puasa. Seperti apa sih kegiatan mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

1.  Klenteng Hok Tik Bio Pati

Jauh sebelum waktu buka puasa tiba, berbagai pihak yang tergabung bersama Kelenteng Hok Tik Bio membagikan makanan dan minuman untuk sekadar dijadikan penyegar dahaga dan pembatal puasa. Ratusan hingga ribuan bungkus bisa habis setiap hari. Kerennya lagi, bagi-bagi takjil ini telah menjadi kegiatan rutin sebagai bentuk kepedulian antar umat beragama. Biasanya kamu akan mendapatkan takjil di sekitar Jalan Pemuda Pati.

Lokasi  Kelenteng : Pati Wetan, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

2. Gereja Kristen Jawa (GKJ) Bekasi

Indahnya kerukunan antar umat beragama juga ditunjukan oleh jemaat GKJ Bekasi saat Ramadan tiba. Hampir setiap tahun dengan dibantu beberapa pihak seperti Satlantas Polresta Bekasi, ada ribuan paket mekanan yang dibagiakn pada pengguna jalan maupun warga di sekitar. Biasanya pembagian dimulai sejak pukul 16.00 hingga menjelang maghrib.

Lokasi pembagian takjil : Samping pos polisi Bekasi Cyber Park Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan.

3.  Klenteng Hok Swie Bio Bojonegoro

Membagikan takjil saat Ramadan ternyata sudah menjadi tradisi Klenteng Hok Swie Bio sejak puluhan tahun silam. Tentu banyak kalangan mulai dari warga sekitar, pengguna jalan hingga tukang becak yang lewat menyambut dengan baik. Di tahun 2016 kemarin, pembagian dilakukan pada hari jumat dan tersedia sekitar 400 paket takjil. Bukan hanya itu, bahkan pihak klenteng juga mempersiapkan tempat duduk bagi mereka yang ingin makan di tempat.

Lokasi :  Jl. WR. Supratman, Karang Pacar, Kec. Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

4. Klenteng Kwan Sing Bio Tuban

Ternyata ada yang tak kalah keren dari objek wisata Malang. Yaitu sikap menjaga kerukunan umat beragama yang dicontohkan oleh pengurus Klenteng Kwan Sing Bio. Bertempat di halaman klenteng, biasanya ada agenda untuk membagikan takjil yang dikemas sedemikian rupa agar mudah dibawa, termasuk oleh pengguna sepeda motor. Jumlahnya juga banyak mencapai ribuan. Pembagian pada Ramadan tahun 2016 kemarin saja mencapai 5 ribu bungkus dan dilakukan tanggal 4 Juli 2016.

Lokasi : Jalan R.E. Martadinata No.1, Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

5. Vihara Sanggar Suci Malang

Umat Budha di Vihara Sanggar Suci meulai membagikan takjil sejak era 90-an. Berawal karena ingin membantu sesama di tengah-tengah krisis, kegiatan tersebut bertahan dan rutin dilakukan setiap tahun. Tempat ibadah dibawah naungan  Yayasan Sukhavati ini tidak menentukan syarat khusus bagi yang ingin makan bersama. Semuanya boleh ikut menikmati hidangan yang disediakan. Kamu yang kebetulan lewat di Jalan Wahidin bisa mampir nih. Selain makan, kamu juga bisa merasakan kebersamaan.

Lokasi :  Jalan Wahidin 36-38 Lawang, Kabupaten Malang

Berbagi harusnya tidak pandang suku ataupun agama. Atas dasar kebersamaan tentu sesuap makanan dan seteguk minuman bisa menjadi benih kerukukan. Tentu masih banyak  temat ibadah lain yang juga membagikan takjil, bukti bahwa Indonesia memang keren, setuju bukan?

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

sumber : viva.co.id

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%