Indonesia Kebanjiran Turis Karena gambar dibalik uang Rp.20rb ini !

0
1980

Keputusan Bank Indonesia menampilkan gambar Kepulauan Derawan pada uang pecahan Rp20 ribu memberi berkah bagi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan terus diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara sejak gambarnya ” mejeng” di Rupiah edisi 2016.

Image result for gambar belakang uang 20.000 baru

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Mappasikra Mappaseleng mengatakan, destinasi wisata bahari Derawan makin kondang. Menurut Mappasikra, tingkat kunjungan wisatawan, terutama pada hari libur terus menunjukkan peningkatan.
Karena itu, pihaknya mengapresiasi Bank Indonesia yang telah memasukkan Derawan sebagai ilustrasi uang pecahan Rp20 ribu.

“Munculnya Derawan di lembaran uang Rupiah ini berperan mendorong pariwisata Berau,” terang Mappasikra dikutip dari keterangan pers tertulis.

Klaim Mappasikra sudah ada buktinya. Sebanyak 50 wisatawan asal Tiongkok, Jepang, Prancis, dan Hong Kong menjelajahi keindahan destinasi wisata di Derawan selama sepekan sejak 22 Mei lalu. Mereka mengikuti trip ke pulau-pulau di Derawan menggunakan kapal pesiar White Manta.

Sampai akhir Agustus nanti juga ada trip menggunakan kapal pesiar setiap sepuluh hari. Di sisi lain, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, pihaknya memiliki banyak alasan mencantumkan Derawan sebagai ilustrasi dalam pecahan uang Rp 20 ribu.

Image result for kepulauan derawan berau

Menurut Rosmaya, BI menyadari bahwa saat ini sangat susah menggantungkan perekonomian melalui eksploitasi sumber daya alam (SDA). Karena itu, pariwisata harus digenjot untuk mendongkrak perekonomian daerah maupun nasional.
“Kita tidak boleh terpaku pada pertambangan. Kita punya objek-objek wisata yang hebat sekali seperti Pulau Derawan, Maratua, Kakaban dan Sangalaki,” ujar Rosmaya.

Potensi wisata itu, sambung Rosmaya, berpeluang menjadi penyumbang utama untuk Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Berau dan Kaltim. Syaratnya, semua pihak harus bahu-membahu mengelola potensi wisata itu dengan maksimal.

“Selama ini, PDRB wilayah Kaltim, termasuk Berau mayoritas dari sektor pertambangan. Saat harga batu bara anjlok, dampaknya seperti yang kita rasakan sekarang,” ucapnya.
Di sisi lain, Rosmaya meminta Pemkab Berau dan Pemprov Kaltim terus membenahi infastaruktur pariwisata. “Supaya (wisatawan) mudah datang, aksesibilitas perlu diperbaiki. Bandara dan pelabuhan di Maratua adalah sinyal untuk mengundang wisatawan,” kata Rosmaya.

Related image

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Derawan adalah destinasi wisata bahari yang menawan di Kaltim. Untuk mengembangkan destinasi, perlu rumus 3A, Atraksi, Akses, Amenitas. ” Derawan itu punya atraksi hebat, tetapi akses menuju ke sana masih sangat terbatas. Amenitasnya juga terbatas,” kata Arief Yahya.

Bagaimana tidak, Pulau Derawan ini memang betul-betul indah dan menyejukkan. Siapa yang melihat nya pasti ingin merasakan udara segar disana. Yah Semoga wisata-wisata di Indonesia digalakkan lagi agar Turis mancanegara tertarik untuk ke Indonesia kita tercinta ini. Pas juga untuk destinasi Liburan kamu Sahabat 🙂

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%