Industri Bayar Terlalu Mahal Akibat Serapan Gas Terkendala Harga.

0
68

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (Kementerian ESDM RI) memperkirakan produksi gas yang belum terserap pada 2017 sekitar 40 kargo. Gas tersebut belum terserap karena pasokan gas dunia melimpah. Penyerapan gas domestik juga belum optimal lantaran harganya masih mahal. Ketua Umum Forum Pengguna Gas Bumi Achmad Safiun menyatakan, pipa transmisi yang digunakan cukup besar.

Namun, volume yang mengalir masih sedikit.”Padahal, di satu sisi, industri membutuhkan gas, tetapi masih terkendala harga,” ujarnya, Kemarin. Dia menuturkan, beberapa industri bahkan bangkrut karena harga gas domestik begitu mahal. ”Ini juga menjadi salah satu alasan penyerapan gas domestik belum maksimal. Contohnya, 20 persen industri keramik di Indonesia tutup. Kemarin ada satu pabrik kaca di Jawa Tengah yang juga tutup,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk saat ini, industri di Jawa Barat masih harus membayar gas bumi seharga 9,2 dolar AS per mmbtu. Di Jawa Timur harga gas bumi mencapai 8,1 dolar AS per mmbtu. Di Sumatera Utara harganya masih 9,95 dolar AS. Pihaknya pun meminta pemerintah segera menurunkan harga gas bumi. ’’Jika tidak, akan semakin banyak industri yang bangkrut.

Industri Bayar Terlalu Mahal Akibat Serapan Gas Terkendala Harga.’’Di sisi lain, konsumsi dalam negeri menunjukkan kenaikan. Saat ini kami tengah merevisi neraca gas Indonesia,’’ ungkapnya. Pada 2017 total produksi gas bumi mencapai 279,17 kargo. Dari angka tersebut, penyerapan pasar domestik mencapai 55,58 kargo, sedangkan ekspor LNG mencapai 209 kargo. ’’Kami juga tengah mengkaji tata kelola gas bumi di dalam negeri.

Kami terus berusaha melakukan terobosan agar harga gas bumi bisa kompetitif untuk industri,’’ ucap Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Ego Syahrial. Berdasar data SKK Migas, total gas yang tidak terserap mencapai 37,51 kargo pada 2018. Mulai 2019–2023, sudah tidak ada lagi gas yang tak terserap lantaran terdapat peningkatan penyerapan dari dalam negeri dan konsumsi PLN.

Jika Anda punya usaha atau jasa yang ingin di infokan dan ingin diliput secara GRATIS di BatamPop, silahkan Hubungi :

Admin : 0812 6156 3330

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%