Ini anjuran Microsoft Indonesia tangkal wannacry

0
88

Virus Wanna Cry adalah sebuah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file. File tersebut, yakni intruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor—nama lain dari virus Wanna Cry.

Jika ingin data-data yang ada didalam komputer selamat, si pembuat virus Wanna Cry meminta para korban untuk mengirimkan sejumlah uang. Tapi, kamu tak boleh begitu saja percaya lantaran belum tentu ketika kamu sudah mentransfer sejumlah uang data-data yang ada didalam komputer kamu dapat dikembalikan seperti semula.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Serangan ransomware Wannacry secara cepat telah menyerang banyak komputer di lebih dari 99 negara. Disinyalir, Wannacry cenderung menyerang komputer berbasis Windows.

Dalam tanggapannya, pihak Microsoft Indonesia menganjurkan agar setiap pengguna dapat memperbarui sistem keamanan terbaru yang dapat mencegah serangan ini.

“Siapapun yang menjalankan software antivirus gratis kami atau telah mengaktifkan Windows Update akan terlindungi dari serangan cyber ini,” sebut Willy Hendrajudo, Windows Business Group Head, Microsoft Indonesia.

Mau belajar bisnis online dengan cepat dan mudah? klik disini

Secara khusus, mereka menghimbau agar tindakan ini dilakukan bagi pengguna Windows versi XP, 8, dan Server 2003. Pasalnya ketiga versi itu, dinilai paling rentan terhadap seranggan Wannacry.

“Untuk mengantisipasi kemungkinan dampak terhadap pelanggan dan bisnis mereka, kami juga telah merilis pembaruan (update) untuk Windows XP, Windows 8, serta Windows Server 2003,” lanjutnya.

Perlu diketahui bahwa virus Wanna Cry hanya menyerang komputer yang menjalankan Microsoft Windows versi 2010 ke bawah dan sebelumnya.

Terakhir, Micorosoft mengamati bahwa serangan umumnya menggunakan taktik phishing dalam bentuk lampiran berbahaya. Untuk itu, masyarakat harus menggunakan kewaspadaan saat membuka dokumen dari sumber yang tidak dipercaya atau tidak dikenal.

Jadi bagi para pengguna, harus diperhatikan saat mau membuka atau membaca dokumen yang tidak jelas sumbernya, harus diperhatikan dengan teliti terlebih dahulu sebelum anda menyesal kalau terserang wannacry.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%