Ini loh 3 varian es tradisional Indonesia yang paling populer

0
217

Indonesia tidak hanya dianugerahi keindahan alam yang memesona, tetapi juga memiliki keanekaragaman kuliner tradisional nan lezat dan menggugah selera.

Berbicara soal kuliner, berikut kita akan membahas tentang ragam es yang paling digemari masyarakat Indonesia, dengan rasa yang sangat unik dan menggugah selera. berikut maca-macamnya:

Punya bisnis online tapi masih belum mengerti cara mengolahnya, disini anda akan dapat ilmunya, gabung yuk !

Es pisang Ijo

 

Hidangan ini bisa dikatakan dessert andalan masyarakat Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo terdiri dari pisang rebus yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, lalu disajikan dengan kuah sumsum bercita rasa gurih dan menggugah selera. Untuk menambah kelezatannya, ditambahkan pula sirup khusus berwarna merah yang hanya dapat ditemukan di daerah Makassar.

Es cendol atau Es dawet

Selanjutnya ada es cendol dan es dawet. Hidangan tersebut berasal dari Tanah Sunda (Bandung) dan Tanah Jawa (Banjarnegara). Sekilas, tampilan kedua kudapan ini terlihat sama. Perbedaannya terletak pada bahan baku yang digunakan. Es cendol umumnya diolah menggunakan tepung hunkwe, sementara es dawet terbuat dari tepung beras. Namun untuk penyajiannya, es cendol dan es dawet sama-sama disajikan dengan gula merah dan santan kelapa. kalo yang ini pasti sudah pada pernah minum kan?

Mari belajar bisnis online bersama bison Batam

Es selendang mayang

Nah kalo es yang satu ini mungkin belum begitu banyak yang tahu, khususnya masyarakat yang tinggal di luar Jakarta, tapi menu ini juga ga kalah menarik dari menu es yang diatas. Es selendang mayang merupakan salah satu minuman tradisional asal Jakarta yang juga menjadi kebanggaan masyarakat Betawi. Es ini terbuat dari tepung hunkwe, dan disajikan dengan kuah santan manis menggugah selera. Sayangnya, es selendang mayang kini sudah sulit ditemukan karena dianggap kuno. Beberapa waktu lalu, es selendang mayang sempat booming kembali ketika Gubernur Terpilih Anies Baswedan menyantap hidangan tersebut seusai mengunjungi warga.

Nah bagaimana sahabat batampop,, anda tertarik untuk mencicipinya? silahkan kunjungi tempat yang menyediakan menu-menu tersebut di sekitar anda, pastinya sudah banyak dong? ini kan menu khas andalan Indonesia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%