Inilah Nilai Harga Penjualan Uang Lama (Jadul)

0
321

Uang? Semua orang pasti sudah tahu apa itu uang dan apa fungsi uang. Uang merupakan kebutuhan wajib seseorang untuk menghidupi dirinya, yang paling utama untuk makan sehari hari saja kita butuh uang untuk belanja.

Nah, untuk negara kita sendiri Indonesia di era modern seperti saat ini, revolusi atau pergantian setiap mata uang pasti sering terjadi. Yang lama di tinggalkan/ditarik dari edaran dan yang terbaru digunakan. Hmm, tak tahu alasannya mengapa pemerintah sampai berbuat begini, namun tentu untuk sebagian besar orang atau dari kita, memiliki Kertas/Koin Rupiah baru adalah hal yang banyak di nanti. Tetapi tahukah anda bahwa uang Lama Ini Memiliki Harga Cukup Mahal harganya. Seperti apa sajakah uang tersebut?

  1. Uang Kertas Rp. 100 Gambar Perahu Layar

Masih ingatkah anda dengan uang tersebut? Yah, bagi anda yang lahir di tahun 80-an tentu sudah pernah menjajankan uang kertas Rp. 100 itu bukan? uang kertas bergambar perahu layar ini mulai beredar sejak tahun 1977, 1984 dan 1992 hingga tidak beredar lagi di tahun 2011.

  1. Uang Kertas Rp. 500 Gambar Orangutan

Siapa tidak melongok ketika mendengar uang kertas Rp. 500 gambar orangutan sekarang ini mempunyai nilai jual . Rp. 800,000 – jutaan adalah nominal yang bisa anda dapati dengan hanya melelangnya ke toko online atau kolektor.

Dulunya uang kertas yang pertama kali beredar sejak tahun 1992 tersebut bukanlah nilai tukar-beli cukup besar bahkan anda yang pernah menggunakannya sebagai bahan ejekan terhadap teman-teman, tetapi saat ini pastinya anda bakal menelan ludah melihat harganya.

  1. Uang Kertas Rp. 5000 Gambar Sasando

Terlihat sepele Rp. 5000 untuk sekarang ini. Namun, tahukah anda uang lama 5000 Rupiah bergambar sasando terdahulu kini cukup lumayan berharga.

Uang yang pertama kalinya beredar tahun1992 tersebut untuk saat ini bisa anda perhitungkan. Lima ribu Rupiah sasando bak disulap menjadi Rp. 3 – 5 juta kepada peminat uang lama. Hal ini dikarenakan uang itu terbilang amat langkah dan juga sulit ditemukan.

Mungkin dari segi desain uang lama memang tidak oke, tetapi ternyata saat sudah langka malah menjadi barang yang paling diburu.

  1. Uang Kertas Rp. 10000 Gambar Cut Nyak Dhien

Kabarnya, uang Rp. 10000 lawas ini kini dihargai 600 ribu Rupiah satu lembarnya. Hal ini mungkin juga berhubungan bahwa uang kuno itu biasa digunakan sebagai salah satu mahar dalam resepsi pernikahan.

Namun sampai sekarang ini, tidak ada orang yang dapat menyangka bahwasannya uang tersebut akan meningkat hingga 60 kali lipat dari nominal umumnya. Hmm, beruntunglah anda bila masih menyimpan Rp. 10000 bergambar Cut Nyak Dien ini.

  1. Uang Kertas Rp. 50000 Gambar WR Soepratman

Itu adalah uang kertas lama yang tentunya juga memiliki harga cukup memukau bagi segilintir orang awam namun tidak untuk pengagum uang kuno. Nilai jualnya dapat mencapai 1 – puluhan juta Rupiah perlembarnya.

  1. Koin Rp. 100.000 Gambar Komodo

Koin tersebut sudah diedarkan sejak tahun1974 oleh pemerintah Indonesia. Dengan kandungan emas 90%, berat 33,437 gram dan hanya diproduksi sebanyak 5,333 keping saja koin ini menjadi barang yang cukup langkah serta menjadi buruan pencinta uang kuno tanah air.

Harga jualnya juga sangat fantastik loh, 10 juta Rupiah perkepingnya. Ada yang punya?

7. Koin Rp. 1000 Gambar Kelapa Sawit

Apakah saku anda sekarang ini masih menyimpan koin logam Rp. 1000 bergambar kelapa sawit edisi 1993? Perlu anda ketahui, uang lama tersebut sudah termasuk langkah dan sulit untuk menemukannya. Oleh karenanya, koin ini sangat dicari banyak pengoleksi uang kuno.

Harga jual-belinya juga lumayan . harganya berkisar diantara Rp. 300,000 – 2 jutaan.

Uang Kertas/Koin Rupiah Lama Berharga Cukup Mahal. Manakah diantara uang-uang tersebut yang anda punya?

Leave your vote

-2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 100.000000%