INTERNET OF THINGS 2020

0
154

Siapkah Anda memasuki Era Internet of Things di tahun 2020?

Bayangkan ketika internet menggantikan semua aktivitas Anda, baik di rumah, di tempat kerja maupun di tempat public lainnya. Dengan internet semua aktivitas anda terkoneksi melampaui ruang, waktu dan jarak.

Apa itu Internet of Things (IoT) ?  
Internet of Things (IoT) merupakan konsep dimana internet dapat mengendalikan benda benda di sekelilingnya. Internet of Things (IoT) merupakan “the next big thing” di dunia teknologi.

Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Bagi yang belum mengerti  apa itu Internet of Things (IoT) diibaratkan benda benda di sekitar kita dapat terhubung dengan internet seperti Kulkas, Mesin cuci, Pintu rumah dan lainya dapat di control menggunakan smartphone untuk mematikan atau menghidupkan dalam kehidupan kita sehari hari.

Dengan adanya Internet of Things (IoT) semua kegiatan bisa kerjakan dengan cukup praktis dan lebih effisien karena perangkat yang saling terhubung satu sama lainnya.

Sejauh ini perkembangannya cukup banyak sektor sektor bisnis yang telah mulai menerapkan sistem penggunaan IoT . Beberapa diantaranya  adalah dari sepuluh atau 100 %, 72% atau lebih dari tujuh perusahaan enterprise telah memperkenalkan perangkat-perangkat IoT ke lingkungan kerja. Pemanfaatan utama adalah untuk pemantauan jarak jauh dan pembuatan layanan berbasis lokasi dalam ruangan. Dari 10 (100 %) ada 6 lebih (62%) responden di sector industri telah menerapkan IoT. Penggunaan IoT berfungsi untuk memantau dan memelihara fungsi – fungsi industri utama.

Konsep dan Cara Kerja Internet of Things

Konsep penerapan IoT ini sebenarya sederhana dengan cara kerja yang  mengacu pada 3 elemen utama pada arsitektur IoT, yaitu: Barang Fisik yang dilengkapi modul IoT, Perangkat Koneksi ke Internet seperti Modem dan Router Wirless, dan Cloud Data Center tempat untuk menyimpan aplikasi beserta data base.

Dari negara maju, Kini mulai menuju pasar Indonesia

Inovasi teknologi di sejumlah negara maju seperti Amerika Serikat dan Cina terbilang pesat. Hal tersebut dapat terlaksana dikarenakan dukungan dari komunitas dan ekosistem. Seperti  di Amerika Serikat ada TechShop, sebuah tempat yang menyediakan sarana untuk para peneliti IoT  melakukan eksperimen dan eksplorasi. Tempat tersebut menyediakan alat-alat yang sangat lengkap sehingga bisa menghasilkan produk dasar dengan lebih cepat.

Maker space ( pembuat ruang) sekarang tidak hanya terdapat di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, tapi juga sudah mulai masuk ke Indonesia dan tentunya membantu ekosistem Internet of Things,”. Beberapa makerspace bahkan telah berkembang di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bogor.

Sejumlah startup teknologi di Indonesia juga telah menggunakan Internet of Things. Salah satunya adalah Cubeacon yang memanfaatkan teknologi iBeacon sebagai sarana marketingStartup asal Surabaya ini telah melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk menerapkan teknologi IoT dalam skala yang lebih besar.

Author : Benny

Sumber :

www.teknojurnal.com

www.detik.com

www.Id.techinasia.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%