Israel Ledakkan Terowongan Militan di Perbatasan Gaza, 7 Orang Palestina Tewas.

0
145

Militer Israel mengatakan mereka telah menemukan dan meledakkan satu terowongan militan hari Senin (30/10) yang digali dari Gaza menuju Israel, dalam peningkatan ketegangan yang jarang di perbatasan yang umumnya tenang sejak perang tahun 2014 dengan penguasa Hamas di Gaza.

Tujuh orang Palestina tewas saat Israel meledakkan sebuah terowongan yang membentang dari Jalur Gaza pada Senin (30/10). Terowongan ini berada di bawah perbatasan Jalur Gaza.

Dilansir AFP, Selasa (31/10/2017), Ashraf al-Qudra, juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza pimpinan Hamas, mengkonfirmasi tujuh orang tewas dan 12 lainnya cedera.

Dua orang berasal dari sayap bersenjata Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam. Sementara lima lainnya berasal dari kelompok militan Islam yang juga beraliansi dengan Hamas. Kedua kelompok tersebut mengkonfirmasi.

Juru bicara militer Letnan Kolonel Jonathan Conricus mengatakan bahwa berkat teknologi mutakhir “terowongan yang giat” ini, yang masih sedang digali, ditemukan dan diledakkan di dalam wilayah Israel. Ia mengatakan intelijen militer telah mengintainya beberapa lama.

Ia menyebutnya “pelanggaran kedaulatan yang serius dan tidak dapat diterima Israel” dan bahwa Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas pelanggaran wilayahnya. Conricus mengatakan mereka menganggap masih ada lagi pengeboran terowongan ke Israel yang hendak digunakan untuk menyerang tentara dan warga Israel.

Dalam perang tahun 2014, militan Hamas beberapa kali memasuki Israel melalui jaringan terowongan yang di luar dugaan Israel. Walaupun militan tidak berhasil mencapai daerah-daerah sipil, penyusupan tersebut menakutkan penduduk setempat. Israel menghancurkan 32 terowongan pada waktu perang itu, dan sejak itu Israel telah membuat penghentian ancaman terowongan prioritas utama.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%