Kanker serviks dan payudara dapat dicegah, tapi kenapa masih bisa mematikan..?

0
188

Kejadian yang terjadi di tanah air dalam waktu yang dekat ini adalah sangat mengharukan, dan sangat tragis. perjuangan melawan kanker ternyata harus berujung dengan maut.

Dalam waktu berdekatan, dua selebritis Julia Perez alias Jupe dan Yana Zein meninggal karena kanker. Padahal keduanya, kanker serviks dan kanker payudara, bisa dicegah atau setidaknya terdeteksi sebelum menjadi lebih ganas.

Pesinetron Yana Zein meninggal setelah bergelut dengan kanker payudara stadium 4. Demikian juga dengan Jupe, nama beken Yulia Rachmawati, pada Juni 2016 menyebut bahwa kanker serviks yang menggerogotinya telah memasuki stadium 4.

Pada stadium tersebut, sel-sel kanker sudah mengalami metastasis atau menyebar ke bagian tubuh yang lain. Peluang keberhasilan terapi dalam kondisi semacam ini, biasanya memang sangat tipis.

Konsultan hematologi dan onkologi medis dari RS Kanker Dharmais, Dr Ronald Hukom, SpPD-KHOM menyebut berbagai jenis kanker bisa dicegah jika terdeteksi sejak dini. Ini termasuk kanker serviks, kanker payudara, kanker usus, dan juga kanker prostat. “Saat ini, kanker yang datang pada fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit, sebagian besar sudah dalam stadium lanjut, yang memerlukan biaya pengobatan sangat besar tapi sudah sulit disembuhkan,”.

Pemerintah, menurut Dr Ronald bisa menurunkan angka kematian akibat kanker dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini. Penanggulangan kanker perlu mendapat prioritas, dengan mencantumkan target angka kesembuhan kanker secara keseluruhan yang ingin dicapai.

Di berbagai negara maju, angka harapan sembuh untuk kanker bisa di atas 60 persen antara lain karena ada program pencegahan dan deteksi dini kanker yang berjalan baik.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikas dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, drg. Oscar Primadi, MPH mengatakan bahwa deteksi dini kanker serviks sudah masuk dalam pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Di beberapa daerah, pemerintah juga tengah mengenalkan vaksin HPV (Human Papilloma Virus) pada siswi SD di beberapa daerah.

Dengan deteksi dini, kejadian kanker dapat ditemukan lebih awal sehingga keberhasilan pengobatannya semakin besar. Semoga dengan kejadian ini di negara kita semakin tinggi kesadaran untuk melakukan pemeriksaan sejak dini untuk pencegahan lebih awal.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%