Kebaikan tidak bisa diukur dengan banyaknya ilmu pengetahuan yang dimiliki

0
203

Memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi adalah merupakan kebutuhan hidup bagi manusia, karena tanpa pengetahuan kita tidak akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk kita lakukan. dengan ilmu yang kita pelajari kita akan mengetahui banyak hal.

Ilmu adalah petunjuk dan dengan banyak ilmu yang kita dapat, kita akan bisa dengan mudah menjalani kehidupan ini. Ilmu akan membedakan kita dengan makhluk lain. Ilmu akan meninggikan derajad kita dari makhluk lainnya.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Maka, akan terlihat dengan jelas perbedaan antara orang yang berilmu dan yang kurang ilmu. Keduanya akan terlihat sangat kontras. Cara mereka memandang dunia akan berbeda satu sama lain. Cara mereka menyelesaikan masalah akan sangat berbeda pula.

Kebaikan dan keburukan yang mereka punya juga akan tercermin dari seberapa dalamnya ilmu yang mereka punya. Biasanya orang yang berilmu akan terlihat lebih bijaksana dan dewasa daripada yang kurang ilmu. Sebaliknya, orang yang kurang ilmu akan terlihat terlalu terburu-buru dalam menghadapi masalah dalam hidupnya. Akibatnya, kehidupan orang yang berilmu dan orang yang kurang ilmu memang akan sangat berbeda.

Namun pada masa sekarang ini, sangat sulit untuk membedakan mana yang benar-benar baik dan mana yang tidak benar-benar baik. karena kenyataannya banyak orang yang berilmu tinggi saat ini namun tidak memiliki etika yang baik.

Anda ingin mengembangkan bisnis online anda tapi tidak mengerti caranya…? klik disini

Sangat banyak orang yang pandai namun tidak pandai dalam memperlakukan orang lain. Tidak sedikit orang yang pintar namun kurang bisa berlaku bijaksana dalam menghadapi setiap keadaan. Malah, banyak sekali orang yang berilmu yang justru melakukan banyak pelanggaran. Entah itu pelanggaran etika, pelanggaran moral, atau pelanggaran hukum sekalipun. Sebaliknya, orang yang dinilai kurang ilmu justru mereka yang biasanya mampu berbuat baik kepada orang lain. Mereka justru yang bisa menjalani kehidupan dengan lebih sederhana dan bersahaja.

Ternyata ilmu bukanlah menjadi faktor utama untuk menilai seseorang baik atau tidak, karena menjadi berilmu itu merupakan satu kewajiban, tapi menjadi baik itu adalah pilihan. Kembali kepada manusia yang menjalankannya . Walau orang memiliki ilmu setinggi langit jika pilihan dalam hidupnya bukanlah menjadi orang baik, maka dia tidak akan pernah menjadi baik, begitupun sebaliknya sekalipun ilmu yang dimiliki seseorang sangat rendah, tapi jika pilihan hidupnya adalah menjadi orang baik, maka orang itu akan tetap menjadi orang baik dan disukai banyak orang.

Ilmu yang kita miliki tidak selamanya bisa mencerminkan kepribadian kita, tapi hendaklah orang yang berilmu tinggi itu juga bisa memiliki hati yang baik juga. Karena dari begitu banyak ilmu yang dipelajari dan didapat harusnya orang itu akan lebih banyak mengetahui hal-hal yang mungkin orang lain tidak tahu. Jangan jadikan kepintaranmu menjadi penghancur kehidupanmu.

Baca juga: Belajar bisnis online dengan cepat dan tepat…!

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%