Kebakaran di Kampung Cina Menghabiskan Kerugian Miliaran Rupiah

0
175

Pasca kebakaran yang terjadi di Kampung Cina, Kelurahan Daik Kecamatan Lingga, Selasa (28/11) sekitar pukul 01.00 WIB kemarin terdapat 59 bangunan yang habis terbakar oleh api. Kejadian tersebut memang tidak adanya korban tetapi menghabiskan kerugian yang mencapai miliaran rupiah.

Pasar Daik Lingga merupakan pasar yang telah berdiri selama puluhan tahun kini lokasi tersebut sudah rata dengan tanah akibat kebarakan yang berkisaran selama tujuh jam.

Menurut Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi, dugaan awal kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu kios akuarium. Karena kondisi rumah, kios dan ruko di kawasan Kampung Cina itu berdempet dan mayoritas berbahan kayu, maka api sangat cepat merambat ke toko dan kios lainnya.

Saat kebakaran terjadi, satu unit mobil pemadam kebakaran turun dan satu unit mobil dari BNPB Kabupaten Lingga dan bantuan warga setempat.

Di lokasi kejadian tampak Wakil Bupati Lingga M Nizar meninjau dan memerintahkan sejumlah Satpol PP untuk turun dan membantu dan mengawasi lokasi kejadian. Dia juga meminta Sekretariat KNPI Kabupaten Lingga menjadi tempat lokasi dapur darurat untuk memenuhi kebutuhan pangan korban yang tertimpa musibah.

Masyarakat akan di evakuasi di aula SMA dan bangunan lelasangguna dan juga di sediakan tenda evakuasi si halaman Polsek Daik.

Tak hanya lokasi evakuasi dan dapur umum, Nizar juga mengajak ibu-ibu PKK, GOW, Dekranasda dan sebagainya untuk bahu-membahu membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah. Salah satunya dengan mengumpulkan pakaian, baju, celana serta makanan seperti mie instan, gula, beras dan sebagainya untuk korban kebakaran.
“Dari data sementara ada sekitar 31 KK yang menjadi korban kebakaran di Kampung Cina,” Yusrizal Nizar.

Nizar juga mengucapkan turut berduka dan prihatin kepada seluruh warga yang menjadi korban kebakaran.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%