Kebiasaan cas Hp pake Laptop, Ini Bahaya-nya !

0
182

Port USB yang universal memang memudahkan kita untuk menghubungkan smartphone ke perangkat lain, salah satunya laptop. Selain transfer data, mengoneksikan smartphone ke laptop juga bisa dipakai untuk mengisi daya baterai smartphone. Berguna saat darurat, misalnya pas kamu nggak bawa adaptor charger.

Tapi, kalau kamu rutin dan terbiasa mengisi daya baterai smartphone pakai laptop, kebiasaan itu harus segera dihilangkan loh. Kenapa? Soalnya berbahaya dan bikin perangkat kesayangan kamu cepat rusak. Apa aja sih bahaya nge-charge baterai smartphone pakai laptop? NIh, Jaka kasih tahu. Simak ya!

1. Smartphone Berisiko Rusak

Foto: Notebookcheck

Keseringan nge-charge pakai laptop berisiko bikin smartphone kamu cepat rusak. Alasannya, aliran listrik di port USB laptop memiliki output daya kecil, bikin pengisian baterai tidak stabil dan abnormal.

 Anda pemilik usaha ( toko / jasa / kuliner dll ) dan ingin melebarkan sayap ke bisnis online / E-commerce ? klik disini

Pengisian daya baterai abnormal akan membuat smartphone menjadi panas, beresiko bikin hardware di smartphone juga mengalami kerusakan. Selain itu, lamanya waktu pengisian baterai nggak sadar bikin kamu mainin smartphone tersebut yang efeknya baterai bisa mengalami kerusakan seperti kembung atau drop.

2. Baterai Laptop Ikut Rusak

Foto: How To Geek

Nggak cuma baterai dan hardware smartphone yang berisiko rusak, baterai laptop kamu juga bisa mengalami kerusakan karena keseringan dipakai mengisi daya smartphone, mengingat baterai di sebuah perangkat memiliki siklus hidup tersendiri.

Hasilnya, umur baterai laptop kamu akan lebih pendek dari seharusnya kalau keseringan dipakai nge-chargesmartphone. Malas juga kan kalau harus beli baterai laptop yang harganya mahal?

3. Pencurian Data

Foto: Tech World

Port USB pada laptop dibuat untuk sikronisasi data dari perangkat lain. Jika kamu rutin menggunakannya untuk mengisi baterai smarthone melalui laptop, maka risiko pencurian data menjadi tinggi.

Saat kamu mencolokkan smartphone ke laptop, secara otomatis data-data penting di smartphone akan terbaca, seperti nama pemilik, merek dan seri smartphone, OS, software, dan informasi lainnya. Ketika laptop terhubung ke internet, saat itulah hacker berpotensi mengambil data-data penting tersebut.

Itulah 3 risiko yang bisa kamu hindari dengan tidak menjadikan laptop sebagai charger smartphone, kecuali saat darurat saja. Kalau kamu punya pengalaman lain saat nge-charge smartphone memakai laptop, share di kolom komentar ya!

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

 

sumber : Jalantikus.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%