Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

0
106

Banyak orang mempunyai kebiasaan menahan buang air kecil dikarenakan banyak alesan, seperti malas, kamar mandi jauh, keasikan nonton dan masih banyak halinya. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa efek sampingnya:


Resiko Infeksi Saluran Kemih
Urine adalah cairan yang terdiri dari kotoran-kotoran yang hendak dibuang oleh tubuh. Semakin lama menahan buang air kecil, semakin lama kotoran-kotoran tersebut berada di dalam tubuh. Padahal, kotoran tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran kencing.

Masalah pada ginjal
Sering menahan kencing dapat menyebabkan beberapa masalah pada ginjal. Salah satunya adalah infeksi pada ginjal. Ginjal anda juga dapat membengkak karena urine yang menumpuk. Urine juga dapat menjadi batu ginjal karena menggumpal dan mengeras akibat tekanan yang meningkat dari penumpukan urine.

Kerusakan pada otot dari dinding kantong kemih
Sering menahan buang air kecil dapat merusak fungsi otot dinding kantong kemih. Apabila mengalami maka fungsi dari otot tersebut akan menurun, yang mengakibatkan tidak bisa menahan buang air kecil yang disebut Inkontinensia Urin.

Gangguan kemampuan dalam merasakan dorongan untuk Buang Air Kecil
Sistem pada tubuh Anda adalah sistem yang luar biasa dan dapat dilatih. Ambil contoh, kebiasaan makan makanan pedas. Semakin sering Anda makan pedas, tubuh Anda akan semakin tahan pedas dan tidak akan merasakan pedas pada level biasa saja.

Nah Batampopers, masih mau menahan buang air kecil jika sudah tau akibatnya?

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%