Kebun Raya Batam, kira-kira sudah tahu belum ?

0
534

Kota Batam saat ini menjadi salah satu kota industri, kota dagang, dan kota pariwisata yang dikunjungi oleh sekitar 1 juta wisatawan luar negeri setiap tahunnya. Perkembangan Kota Batam ini menjadi tantangan tersendiri bagi kelestarian lingkungan terutama kawasan hutan dan pesisir yang semakin tergerus abrasi, sehingga luas wilayah Kota Batam terus berkurang.

Untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, Pemerintah Kota Batam telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada 2012 dan mulai dibangun pada 2014 lalu.

Kebun Raya Batam akan menjadi salah satu bentuk konservasi alam dengan tujuan untuk menyelamatkan 23.430 hektare luas wilayah Pulau Batam yang merupakan kawasan hutan, dan terletak di tengah-tengah kawasan sanggraloka dan wisata alam Nongsa, tepatnya Jalan Lekiu KM 4 Kelurahan Sembau, Kecamatan Nongsa, Batam

Kebun ini memiliki tema koleksi “Tumbuhan Pulau-pulau Kecil dan Pesisir Indonesia” yang akan disusun berdasarkan biogeographic region yang meliputi koleksi dari kepulauan wilayah Sundaland, Wallacea, New Guinea, Oceanie\a, dan wilayah dunia lainnya.

Kian hari, Kebun Raya Batam mulai memperlihatkan keindahannya. Dari gerbang KRB, sudah terlihat taman tematik warna warni, yang memanjakan mata. Tak hanya bunga saja yang berwarna warni, tapi juga bagian tepi paving bloknya dicat merah, kuning, hijau, ungu dan putih.

Taman Tematik yang terletak di area selamat datang ini, tak hanya memikat karena tanamannya saja. Tapi dari taman itu, pengunjung bisa melihat daerah Batamcenter dari kejauhan. Pemandangan ini cukup memikat dan menenangkan bagi para pengunjung.

Menemukan Kebun Raya Batam (KRB) sebenarnya tak sulit. Cukup memacu kendaraan ke arah Nongsa. Setelah melalui Mapolda Kepri ada pertigaan, ambillah jalan ke kiri menuju arah Motigo Resort dan Batam View. Tepatnya jalan Hang Lekiu KM 4 di sebelah kanan jalan.

Bisa juga mengambil jalan lurus menuju Turi Beach Resort dan Nongsa Point Marina. Beberapa kilo meter dari dua resort itu bisa ditemukan lokasi Kebun Raya Batam di kiri jalan. Satu-satunya petunjuk kalau area itu Kebun Raya Batam adalah gerbang masuk yang bertuliskan: Kebun Raya Batam. Letter board ini terbuat dari beton berukuran besar yang baru dibuat setelah prahara kasus korupsi di pembangunan kebun raya ini rampung.

Jadi, buat yang suka Hangout dan penasaran dengan Kebun Raya Batam (KRB) bisa langsung kesana . Dan yang suka foto-foto atau selfie cocok banget view nya dan bikin teman-teman kalian penasaran untuk yang belum tahu tentang Kebun Raya Batam (KRB) ini.

 

Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%