Kenali Perbedaan Gejala Pilek dan Flu !

0
103

Pilek & Flu

Setiap orang pernah menderita pilek dari waktu ke waktu. Lebih dari 200 virus yang berbeda-beda dapat menyebabkan pilek, tapi rhinovirus adalah penyebab paling umum. Gejala-gejalanya biasanya mencakup hidung berair dan bersin-bersin. Patut diingat bahwa pilek tidak sama dengan flu (influenza). Gejala-gejala flu lebih parah dan dapat mencakup demam dan kedinginan, rasa sakit dan nyeri, kelesuan dan sakit kepala.

Pilek dan gejalanya

  • Pilek secara umum hanya menyerang pada bagian tenggorokan atas, yang bisa menimbulkan gejala seperti batuk, hidung tersumbat dan bersin-bersin.
  • Pilek bisa menyerang sepanjang tahun, tidak tergantung musim.
  • Pilek sangat menular terutama pada tiga hari pertama, jadi sangat dianjurkan untuk tidak beraktivitas di lingkungan banyak orang.
  • Pilek disebabkan oleh virus, dan ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan kondisi ini, namun yang paling sering adalah jenis rhinovirus.

Pengobatan pilek

  • Karena pilek ini disebabkan oleh virus, antibiotik dirasa kurang efektif untuk menyembuhkan pilek. Penggunaan obat-obatan tertentu akan lebih membantu mengurangi gejala hidung tersumbat, nyeri dan gejala lainnya seperti dekongestan, antihistamin, dll.
  • Pilek ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun jika pilek tidak kunjung sembuh maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Istilah ‘flu’ sering kali digunakan untuk merujuk pada sejumlah penyakit dan kadang bisa disalahartikan dengan pilek umum.

Influensa, atau singkatnya ‘flu’, sebenarnya adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebabkan demam, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan dan sakit otot. Ada berbeda jenis virus yang dapat menyebabkan flu. Sebagian besar flu menyerang sistem pernapasan tubuh –paru-paru dan jalan napas, termasuk tenggorokan dan hidung – yang menyebabkan gejala-gejala flu klasik seperti

  • Batuk kering
  • Sakit tenggorokan
  • Demam tinggi, kedinginan dan berkeringat
  • Sakit kepala
  • Sakit otot atau sakit badan
  • Kelelahan dan kelemahan.

Kadang sulit mengetahui perbedaan antara flu dan pilek menurut gejala-gejalanya saja. Namun, secara umum.

  • Gejala-gejala flu berlangsung lebih lama dan bisa dikaitkan dengan demam, menggigil dan nyeri otot
  • Gejala-gejala pilek cenderung berlangsung lebih singkat dan biasanya hanya melibatkan hidung berair dan demam ringan.

Anda dapat membantu mencegah flu dengan sering mencuci tangan anda dan menghindari kontak dengan oerang yang sedang sakit. Jika anda merasa kurang sehat, beristirahatlah di rumah dan jangan bekerja, bersekolah atau bertemu banyak orang lain.54

Dalam sebagian besar kasus, orang-orang yang menderita flu akan pulih dalam lima sampai dengan enam hari. Kuncinya adalah banyak beristirahat dan minum banyak cairan. Obat flu yang dijual secara umum bisa juga membantu menurunkan keparahan gejala-gejalanya.

Selalu minta saran dokter jika dicurigai anda terserang flu khususnya bagi yang rentan diserang seperti orang tua, bayi atau orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Cara mencegah flu dan pilek

  • Untuk pencegahan influenza bisa mendapatkan vaksinasi flu, kita bisa menanyakannya pada dokter.
  • Karena flu dan pilek adalah penyakit yang mudah sekali menular, sebaiknya tidak dekat-dekat dengan penderita, hindari menggunakan peralatan makan yang sama dan hindari juga memakai barang-barang pribadi penderita.
  • Menjaga kebersihan dengan baik, seperti mencuci tangan ketika hendak makan dan menutup mulut saat beresin.
  • Menerapkan gaya hidup yang sehat dan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup konsumsi makanan yang sehat dan segar dan menghindari stress untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama flu dan pilek.

Itulah sajian informasi mengenai perbedaan antara flu dan pilek. Bagaimana, apakah Anda sudah bisa membedakannya? Jagalah kebersihan dan mulailah untuk menerapkan gaya hidup yang sehat agar flu dan pilek tidak menyerang Anda, terlebih di musim penghujan seperti saat ini. Terima kasih, semoga bermanfaat..

 

Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%