Keuntungaan dan kerugian Persalinan Kedukun Beranak.

0
429

Dukun adalah seorang perempuan yang diakui oleh masyarakat dalam mendampingi ibu hamil, pertolongan persalinan serta perawatan bayi baru lahir secara spiritual. Umumnya masih banyak masyarakat yang mempercayakan dukun untuk membantu proses persalinannya. Mengapa masyarakat Indonesia khususnya yang di pedesaan masih lebih memilih melahirkan dengan dukun beranak dibandingkan ke tenaga kesehatan terlatih (Bidan/Dokter)?

Keuntungan pasien persalinan kedukun beranak ketimbang di tangani pihak medis yaitu : Murah dan tidak pasang tarif, sehingga tidak perlu di bayar dengan uang, tidak di jahit,  pasien di dampingi terus, pada proses persalinan pasien di elus- elus, perawatannya ke pasien lama, pasien dan bayi tiap hari  di mandikan, perawatan bayi sampai puput pusar, perawatan ibu, selama 40 hari dipijit, anggapan bahwa dukun itu lebih tua, sehingga pengalamannya lebih banyak, lebih telaten dan tidak galak, saat proses persalinan yang di tolong oleh dukun boleh ditonton orang banyak, mudah di panggil sewaktu- waktu.

Sedangkan resikonya adalah : Perdarahan berisik, resiko infeksi meningkat karena hygien kurang, adanya prolaps uter, semakin banyak anak semakin besar tempat robekan jalan lahir karena tidak di jahit, tidak di beri oba, resiko meninggal lebih besar, mengakibatkan keterlambatan rujukan, di beri ramuan yang mungkin malah akan membahayakan, pengetahuan dan ketrampilannya minim, tidak ada persiapan misalnya donor darah dll.

Oleh karena itu perlu sosialisasi secara terus menerus bahwa ada subsidi yang bisa diberikan jika ibu hamil mau melahirkan dibantu oleh tenaga kesehatan. Degan kesadaran masyarakat semakin tinggi dan tidak perlu lagi susah payah merujuk pasien, karena mereka dengan sendirinya sudah bisa mendatangi rumah sakit atau kedokter  kandungan.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 4

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 33.333333%