Kuliah sambil kerja memang sangat melelahkan, tapi ada banyak hal baik yang bisa kamu dapat…

0
116

Tidak semua orang bisa beruntung kuliah dengan dibiayai orangtua, ada banyak orang yang kurang beruntung kuliah dengan biaya sendiri. Kuliah dengan biaya sendiri mengharuskan kita harus bekerja sambil kuliah. Ada banyak hal yang menyakitkan yang kita rasakan kalo kita kuliah sambil bekerja, rasanya waktu yang ada itu sangat kurang buat kita, apalagi disaat tugas-tugas kuliah menumpuk dan banyak pekerjaan yang harus disesesaikan juga.

Pasti akan sangat banyak kesulitan yang kita alami saat kita memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, tapi tahukah kalian,,, dibalik semuanya itu kita banyak mendapatkan hal-hal baik dalam kehidupan kita yang mungkin kita sendiri tidak menyadarinya.

Yuk, LIKE dan FOLLOW terus Batam Pop untuk dapat update artikel di fanpage :

 

Siap bekerja setelah lulus kuliah

Bekerja sambil kuliah, kalau dipikir-pikir pasti begitu berat rasanya. Lelah jangan ditanya lagi, karena apa yang kita lakukan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan teman-temanmu yang lainnya. Saat mahasiswa yang lain akan pulang ke tempat kosnya atau malah nongkrong bersama teman-teman selepas kuliah, berbeda dengan kamu yang langsung meluncur ke tempatmu bekerja. Rasanya dapat waktu istirahat sejam atau dua jam saja jadi waktu yang tak ternilai harganya untukmu.

Mungkin sekarang kamu hanya beranggapan bahwa yang akan kamu dapatkan hanyalah lembaran rupiah untuk menopang kehidupanmu selama ini. Tapi ternyata bekerja sambil kuliah punya manfaat yang lain, yaitu kamu sudah punya pengalaman kerja sebelum lulus kuliah. Memiliki pengalaman kerja sangat bermanfaat untukmu selepas lulus kuliah nanti, karena kamu yang sudah memiliki pengalaman jelas diutamakan oleh kantor atau perusahaan yang ingin kamu masuki nanti.

Lebih cekatan dan pandai mengatur waktu

Banyak kelebihan yang akan menyertaimu, seorang mahasiswa yang mau bekerja sambilan. Bukan hanya materi, menjadi lebih cekatan dan mampu membagi waktu juga jadi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Bagaimana tidak, kamu harus sudah ada di tempat kerja tepat saat jam kuliahmu selesai. Mau tidak mau kamu harus bisa cepat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Tak hanya itu, bekerja tepat sasaran dan bisa kejar target membuatmu tak bisa bermalas-malasan setiap harinya. Tidak hanya diharuskan kerja cepat, namun kamu juga wajib kerja tepat.

Awalnya mungkin kamu merasa keteteran dan sulit membagi waktu. Selalu saja ada yang kamu korbankan. Namun seiring berjalannya waktu, kamu belajar untuk lebih bisa mengatur waktu. Seperti memadatkan jadwal sampai mengatur kesibukan secara mendetail.

Meski sering mengorbankan jam tidur untuk belajar dan kejar target, tapi kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat secara mental dan fisik

Disaat teman-teman yang lain sudah terlelap dan mimpi indah, kamu yang memilih untuk bekerja sambil kuliah sering merelakan sebagian tidur malammu untuk menyicil sebagian tugas kuliah supaya tidak makin keteteran. Tak jarang pula, malam-malammu digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan supaya bisa kejar target.

Capek sih jelas, tapi setiap perjuangan memang harus ada yang dikorbankan. Seperti kamu yang harus mengorbankan sebagian tidur malammu. Di tengah tumpukan segala macam tuntutan dari pekerjaan mau pun kuliah, istirahat memang sebaiknya cukup, tapi bagaimana lagi bila itu jadi jalan satu-satunya?

Dibalik itu semua, kamu sedang membentuk dirimu menjadi seseorang yang tangguh bermental baja. Kamu memang akan ngantuk di dalam kelas saat kuliah, tapi kamu tak pernah mengabaikan segala tugas yang memang sudah jadi kewajiban. Nikmati saja, mumpung masih muda dan tenaga juga mumpuni.

Baca juga : Belajar bisnis online dengan cepat dan mudah untuk mengembangkan bisnis anda

Bekerja sambil kuliah mengajarkanmu menjadi pribadi yang mandiri dan tidak membuang waktu dengan sia-sia

Segala kesulitan yang kamu hadapi sekarang, mau tak mau harus kamu hadapi sendiri. Karena bagi teman-temanmu yang lain, mungkin masa ini belum bisa mereka hadapi. Itulah mengapa, kebanyakan kamu harus mengandalkan diri kamu sendiri untuk mengatasi setiap kesulitan yang datang.

Tak heran, kamu pun secara tidak sadar ditempa menjadi pribadi yang makin mandiri. Tak ada lagi waktu untuk mengeluh dan malas-malasan. Selagi kamu bisa melakukannya kamu akan coba melakukannya sendiri.

Bekerja sambil kuliah membuat kamu lebih dewasa dan matang dengan sendirinya

Seberat apapun kesulitan yang menghadang saat kamu kuliah sambil bekerja, kamu hanya perlu terus bersyukur. Secara tak sadar kamu sedang menjalai proses pendewasaan dengan sendirinya. Karena tidak semua orang mampu melakukan apa yang sedang kamu lakukan. Percayalah, kamu patut berbangga dengan dirimu sendiri.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%