Manfaat dan Resiko dari Jasa Transportasi berbasis Online

0
290

Perlu dipahami bersama bahwa arus kemajuan teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang mau tidak mau harus kita ikuti. Jasa transportasi online merupakan jasa transportasi yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Teknologi diciptakan tujuannya untuk mempermudah segala aktivitas-aktivitas manusia yang dilakukan sehari-hari.

Begitu juga halnya dengan jasa transportasi online. Transportasi berbasis online diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah seseorang yang ingin bepergian. Sebagai contoh: mudah memesannya, efesien dan efektif. Ini merupakan sebuah terobosan baru yang patut diberi apresiasi. Dengan itu Kita ada beberapa manfaat dan resiko menggunakan Jasa Transportasi Online :

7 MANFAAT

Bisa lihat tarif sebelum naik.

Sebelumnya, berapa ongkos yang akan keluarkan untuk sampai di tujuan, hanya mengandalkan perkiraan, atau kebiasaan. Manfaatnya jelas, Kita jadi bisa siapkan dana yang diperlukan.

Punya pilihan cara bayar.

Pilihan cara bayar, mau tunai, pakai kartu kredit atau menggunakan saldo yang sudah diisi sebelumnya via “top up” Tidak ada uang receh, mudah pilih pakai Grab Pay, Go Pay, atau bayar pakai kartu kredit.

Memiliki informasi mengenai pengemudi dan kendaraanya.

Kita bisa lihat foto pengemudi, nomor teleponnya dan plat nomor kendaraannya (biasanya plat nomor kendaraan hanya ada di Aplikasi Jasa Transportasi Online). Kita bisa kontak pengemudi, jika ingin memberi tahu arah jalan menuju lokasi penjemputan dulu, baru tahu siapa nama yang mengemudi, jika melihat kartu yang terpasang di dashboard pengemudi. Itupun kalau papan nama itu ada. (Note: tidak semua pengemudi ada foto terlihat di aplikasi ).

Mengukur waktu penjemputan dan sampai lokasi tujuan.

Informasi berapa menit lagi sampai, dan berapa lama tiba di lokasi tujuan, memberikan rasa nyaman . Kita jadi bisa mengelola waktu lebih baik.

Bukti pembayaran dikirimkan via email.

Bukti pembayaran, histori dari transaksi, langsung dikirimkan ke kotak surat elektronik/email setelah menyelesaikan trip. Jika ingin reimburse bisa langsung kirim email tersebut ke bagian keuangan kantor. Aplikasi Jasa Transportasi Online telah memiliki fitur ini sehingga mudah melihat kembali histori perjalanan disertai jumlah nominal yang telah dikeluarkan.

Ada catatan histori perjalanan.

Histori perjalanan, adalah hal yang menarik sebab trip mana saja yang pernah Kita lalui bisa Kita lihat kembali. Bahkan jika ada pengemudi yang berbuat curang seolah melakukan perjalanan tanpa menjemput , tercatat, dan ini bisa menjadi bukti pelaporan kepada pihak pengelola aplikasi.

Harga relatif lebih rendah.

Jika dibandingkan dengan jarak tempuh sama, Kita hanya bayar Rp 10.000. Sedangkan jika naik “Opang” (Ojek Pangkalan), Anda harus bayar Rp 20.000. Tawaran harga relatif lebih rendah dan promo-promo menarik dari aplikasi-aplikasi ini memanjakan para penggunanya.

3 RESIKO

Pengemudi belum tentu tahu jalan

Kita sebagai penumpang, mengharapkan pengemudi sudah (pasti) tahu jalan. Nah, ini pun perlu Anda ketahui, bahwa pengemudi mengandalkan aplikasi mereka untuk tiba sampai tujuan. Ketika mengemudi, mereka sambil lihat Google Maps atau Waze mengikuti arah yang diperlihatkan pada smartphone mereka. Jika Kita beruntung, pengemudi sudah tahu akan lewat jalan apa, jika tidak, Kita yang harus mengarahkan mereka agar sampai tujuan dengan selamat.

Kendala teknis aplikasi dan smartphone.

Pesan dari aplikasi bisa jadi gagal, bahkan sering alami aplikasi error. Order ganda, 2 ojek sekaligus jemput bisa terjadi. Selain itu, aplikasi transportasi online ini mengandalkan fitur location based pada smartphone yang menguras daya baterai. Inilah resiko dari teknologi. Apapun bisa terjadi di luar kendali Anda.

Harga bisa saja berubah.

Harga bisa saja dan sangat mungkin berubah. Kita perlu perhatikan, ada yang menerapkan sistem surge pricing, harga bisa 1,6x lipat bahkan 2x lipat dari tarif normal. Hal ini karena kelangkaan jumlah transportasi yang ada di suatu area dibandingkan jumlah penumpang di area tersebut. Biasanya saat jam sibuk seperti pulang kantor, waktu makan siang, atau hari libur besar, Lebaran misalnya, di mana kebutuhan lebih banyak pada suatu saat bersamaan. Setiap aplikasi memiliki sistem perhitungan harga yang berbeda.

Dengan adanya Manfaat dan Resiko dari Jasa Transportasi Online ini, Kita harus lebih memahami lagi cara kerja aplikasi transportasi online yang kita pakai. Jadi itu semua tergantung apa yang kita butuhkan dalam menggunakan Jasa Transportasi Online .

 

Sudah coba ayam panggang kenichi ? RM baru berkonsep digital cafe di Batam ? ( bersponsor )

Nih, biar gak ketinggalan info “Ayam Panggang Ken-i-chi”, kamu bisa LIKE fanpagenya untuk selalu dapat Promo Terupdatenya :

 

 

 

 

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%